Tetap menjaga bumi meski dimusuhi manusia


Setelah sekian lama berlalu, seri Transformer kembali diangkat dengan kemasan yang berbeda.

Tidak ada lagi aksi kocak Shia LaBeouf, melainkan Mark Wahlberg yang bermain lebih dewasa karena berlaku sebagai seorang ayah bukan bujangan ala Witwicky. Penggantian ikon karakter utama, bagi penulis, tidak begitu berpengaruh. Mark Wahlberg di plot sebagai penemu Optimus Prime dalam keadaan terluka setelah pertempuran di Chicago sebelumnya. Jadi, masih masuk akal plot ceritanya.

Masih sama dengan seri-seri sebelumnya, andalan film ini dipastikan bermain di area animasi, dan nama Michael Bay merupakan jaminan sajian animasi yang megah. Hasilnya, bagi penulis, memang lebih megah dari seri sebelumnya.

Tidak hanya berkutat di Amerika, kali ini petualangan Optimus Prime dan anak buahnya melebar hingga ke Hong Kong. Bagaimanapun juga akhirnya menyisakan ketakjuban tersendiri dengan animasi sajian Michael Bay yang memang luar biasa megah. Seisi kota dibuat hancur-hancuran akibat ulah para robot luar angkasa.

Di satu sisi, sajian film Transformer edisi ke empat ini memang menarik dari segi penampilannya, tapi di sisi lain juga terasa ada yang kurang lengkap.

Linkin Park. Salah satu elemen terpenting dari seri Transformer sebelumnya, ternyata tidak dihadirkan kembali di seri ini. Hambar. Kurang mantab.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, susunan para pemainnya disini kurang "meriah". Mungkin hanya Mark Wahlberg yang bisa berpengaruh besar. Jika di seri ketiga, ada Shia LaBeouf, Josh Duhamel, Tyrese Gibson. Sebagai pencuci mata, pernah dihadirkan angel Megan Fox. Sebagai pemicu komedi dulu ada John Turturro dan Kevin Dunn yang bermain sebagai ayah dari LaBeouf.

Kalau disini, yang kebagian bermain di area komedi sepertinya dijatuhkan pada karakter Lucas, tapi karena "dimatikan" terlalu dini, akhirnya berpindah pada karakter Joshua Joyce yang diperankan oleh Stanley Tucci. Jika dibandingkan dengan kekocakan John Turturro, aroma komedi di seri keempat ini kurang menggigit. Datar saja.

Satu lagi yang terasa "hilang", anak buah Optimus Prime ditampilkan berbeda lagi. Lebih banyak bicara. Bumblebee juga menjadi lebih vokal.

Keseluruhan, film keempat kali ini, di satu sisi lebih meriah animasinya. Lokasi film yang melebar hingga ke HongKong di satu sisi menyegarkan, juga bagus untuk segi marketing box office-nya. Dengan populasi penduduk China keseluruhan, tentu saja akan menarik penonton lebih banyak lagi.

Di sisi lain, kemeriahan animasi disini, kurang lengkap tanpa citarasa komedi yang segar, kurang kemeriahan jajaran pemain pendukungnya dan minus lagu-lagu Linkin Park.

Transformer : Age Of Extinction (2014) - 6/10