Masa jaya gangster Korea


Film Korea kali ini rupanya sedikit berat. Kisah yang diangkat seputar kriminalitas yang mewabah akibat ulah komplotan gangster. Dan, pemerintah bertindak tegas dengan memberi perlawanan keras.

Fokus film ini, se-penangkap-an penulis, fokus pada karakter Choi Ik Yun, seorang petugas polisi kepabeanan atau kalau di lokal Bea Cukai. Sebagai polisi bea cukai, Choi Ik Yun ini digambarkan sering menerima uang suap. Kiprahnya tersebut membawa Choi berkenalan dengan sanak saudara-nya sendiri yang berkarier di dunia gangster.

Settingan alur ceritanya, maju-mundur. Yang bisa penulis tangkap, sepak terjang Choi Ik Yun di dunia gangster seperti berpindah-pindah tempat. Ini yang membuat berat. Agak sedikit sulit menangkap maksud ceritanya. Yang bisa penulis sederhanakan adalah Choi Ik Yun berkarir di dunia gangster karena lebih menjanjikan sisi ekonomisnya.

Tapi, ada beberapa poin yang cukup menonjol dari film ini. Antara lain momen pukul-memukulnya. Hingga sekarang masih tetap penasaran, karena hampir di semua film Korea, adegan pukul-memukulnya terlihat natural atau bisa dikatakan (hampir seperti) tidak direkayasa. Jadi, (terlihat) memang benar-benar seperti dipukul. Begitu pula disini, apalagi temanya seputar dunia gangster yang lekatdengan dunia kekerasan.

Kemudian, Choi Min Sik. Harus diakui meski kesulitan mendalami konflik dalm filmnya, tapi akting Choi Min Sik sangat berkualitas. Pendalaman perannya memang sangat bagus dan menyatu dengan karakter polisi korup. Great actor.

Nameless Gangster (2012) - 6/10