Tragedi tsunami di bawah kesibukan kota Moscow


Dari Rusia. Meski subtitlenya sedikit membingungkan, namun apa daya ternyata plot ceritanya menarik juga. Tidak kalah dengan plot cerita ala Hollywood.

Disini ada tragedi, dilema, konflik rumah tangga yang nyaris hancur, konflik cinta pada pandangan pertama yang manis.

Tragedi yang dimaksud adalah tragedi kecelakaan kereta subway bawah tanah. Lumayan bagus penggambarannya. Mungkin memakai spesial efek, tapi tetap saja tidak kalah dengan gaya Hollywood. Penggambaran tragedi yang ditampilkan bisa menarik emosi ikut tegang merasakan gerakan kereta yang tergelincir akibat air dan rem. Suasana chaos di dalam gerbong didokumentasikan dengan detail dan sudut-sudut yang pas hingga mampu menyajikan suasana seperti ikut bersama merasakan apa yang terjadi di dalam gerbong.

Bertahan dari serbuan air seukuran bak kamar mandi, mungkin ringan saja. Tapi, disini, air bisa menjadi "pembunuh" massal. Dimana air berukuran masive, tidak hanya mampu menyeret atau merusak gerbong kereta, tapi juga menjadi penghantar listrik ukuran massal.

Dipandang dari sudut luar cerita, tragedi kereta seperti disini memang memilukan. Di satu sisi, jumlah penumpang yang diangkut memang terasa "berlebihan" dan tak teratur padatnya.

Dilemanya ada pada saat momen survival para korban tragedi kereta api yang berhasil selamat. Terutama yang menonjol adalah kisah Andrew yang saat itu sedang bersama anak gadis kecilnya, Ksenya. Disini akan ditampilkan konflik rumah tangga Andrew yang sedang "di ujung tanduk" perceraian. Di plot cerita lainnya, ternyata istri Andrew sudah memiliki kekasih lain yang jauh lebih kaya dan tampan. Klasik.

Di samping itu, salah satu korban tragedi yang berhasil bertahan hidup adalah Vlad, yang tak lain adalah orang ketiga dalam rumah tangga Andrew. Sambil "memanas" hati, mereka harus bersatu untuk menyelamatkan diri dari kepungan air.

Berikutnya, ada kisah cinta manis yang ditampilkan lewat karakter Dennis dan Alice yang sebelumnya tak saling mengenal. Penulis suka momen cinta yang dibangun mereka di antara momen survival di tunnel bawah tanah. Silih berganti saling menyelamatkan, dan Dennis memang karakter pria sejati yang rela berkorban mati-matian untuk melindungi Alice agar bisa selamat. Meski temanya bukan cerita cinta romantis, tapi plot cerita pengorbanan dari karakter Dennis ini sudah membuat citarasa film ini menjadi tragedi yang romantis.

Meskipun di beberapa titik, akting para aktor aktris Rusia ini terasa "aneh" tapi, tetap bagi penulis secara keseluruhan film ini menarik disimak.

Metro (2013) - 7/10