Kill the Bodachs


Di film ini, bagi penulis, ibaratnya makanan katakan nasi pecel. Dimakan oleh dua orang, mungkin bisa jadi akan ada dua pendapat. Satu akan bilang enak, satu lagi bisa jadi sebaliknya. Selera. Rasa. Tak'kan bisa sama.

Film ini, mungkin bukan selera penulis. Awalnya, terasa menarik. (Seharusnya) film ini adalah horor. Karena temanya adalah seputar karakter Odd Thomas yang memiliki kemampuan unik, yaitu mampu melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa.

Tapi, racikan ceritanya ternyata tidak selaras dengan horor. Justru lebih "cerah" daripada horor umum yang dominan malam hari, gelap, sendirian. Disini tidak demikian. Lalu, untuk karakter evil-nya disini memakai bantuan animasi spesial efek. Yang menurut pendapat penulis, menyerupai robot yang dijuluki "bodachs"

Konflik cerita-nya inilah yang membuat rasa film ini "berat". Kurang simple. Intinya, karakter Odd ingin melawan bodachs. Penjabarannya yang kesana-sini terlalu jauh dibelokkan.

Kalau soal gaya cerita, memang beda. Tepatnya berani beda. Menarik. Tema gaib, dibuat dengan campur tangan animasi. Tapi, sekali lagi, kembali ke selera. Mungkin juga ada yang suka dengan film ini.

Odd Thomas (2013) - 6/10