Berjuang melawan asap dan api


Kalau di Hollywood,penulis pernah simak Ladder 49. Kali ini dapat kesempatan menyimak kisah kepahlawanan petugas pemadam kebakaran versi Mandarin.

Begitu opening, ada sidang kecil. Sidang disiplin. Langsung ditebar nama ini-ini-ini membuat "masalah". Jujur saja, moment ini seperti pukulan KO ke mood. Terlalu cepat, terlalu banyak nama, dan terlalu dini.

Berat. Karena bagi penulis, seragam dan suasana film - yang diutamakan pada bagian aksi melawan kepungan asap - tentu saja dominan gelap membuat berat mengikuti gerak cerita. Semua karakter utama terlihat sama dalam seragam. Dan, dengan banyak karakter tapi tak bersama-sama. Jadi, ekstra konsentrasi untuk memperhatikan karakter dan alur cerita.

Bahkan Simon Yam penampilannya membuat pangling dengan seragam kuningnya. Penulis hanya familiar dengan Nicolas dan Simon disini. Untuk Nicolas, masih bisa dikenali karakternya, tapi selebihnya - apalagi ketika memakai topi - menjadi "gelap".

Megah. Dramatisasinya dengan paduan permainan efek komputer memang terlihat megah, namun di satu titik kadang terasa "terlalu" megah. Sedikit berlebihan dalam mendramatisir cerita kepahlawanan.

Konfliknya biasa saja. Konflik internal di dalam satuan pemadam kebakaran yang (harus) disatukan lewat momen kebakaran besar di Kowloon. Lalu, ada konflik senior-junior, konflik ayah-anak. Biasa saja. Di Ladder 49 juga "bermain" di area konflik tersebut.

Penampilan special guest star Jackie Chan, kurang banyak membantu.

As The Light Goes Out (2014) - 6/10