Misi Agen 47 di Rusia


Pernah bermain video game nya? Kalau penulis belum pernah. Baru tahu Hitman ya dari film ini. Mungkin, akan lebih mudah larut menyelami gaya karakter Agen 47 ini bila pernah atau gandrung pada video game-nya.

Kalau bagi penulis, yang tanpa mengenal video game-nya, film ini sebenarnya cukup menarik. Gaya Agen 47 sebagai pembunuh bayaran dengan style minim bicara, tenang, berekspresi datar, dan dengan akurasi 90% hampir 99 % tanpa terluka, sudah cukup menarik. Timothy Olyphant sudah cukup pas membawakan karakter Hitman baik fisik maupun style-nya.

Penampilan Hitman sendiri, selalu berjas rapi, botak, di-barcode di bagian belakang kepala, cukup segar memberikan warna lain dari sekian umum karakter pembunuh bayaran yang bertebaran di film-film.

Aksi laganya. Lumayan. Cool. Calm. Ada slow-mo di sela-sela aksi laga yang seharusnya cepat. Ada nama Luc Besson di belakang film ini, akhirnya gaya laganya seperti sudah tidak asing.

Yang paling berat buat penulis adalah inti ceritanya yang menurut penulis seharusnya sederhana, namun diputar banting kiri kanan depan belakang, hingga menjadi kompleks hingga ke level presiden Rusia. Intinya cuma mencari siapa dalang yang main jebak-menjebak yang kemudian dihias dengan cerita cinta sayang-sayangan antara Hitman dengan bunga cantik berpenampilan seksi karakter Nika Boro.

Satu lagi yang berkesan buat penulis adalah score Ave Maria disini. Manis.

Hitman (2007) - 6/10