Jah Rastafara


Done. Dua jempol untuk film ini. Sebuah film dokumenter tentang seorang yang dikenal dunia dengan nama Bob Marley. Dan, penulis "berangkat" dari titik nol, karena penulis sebelumnya tidak begitu banyak mengenal karya Bob Marley juga pemikirannya. Namun, film ini mampu menghadirkan meski hanya "secuil" tapi setidaknya mampu membawa penulis ke masa lalu.

Di karya Kevin MacDonald ini kita akan dibawa ke masa kecil, masa jaya, dan masa terakhir seorang Bob Marley. Alur cerita disampaikan oleh kesaksian orang-orang yang pernah dekat dengan Marley. Mulai dari guru, sepupu, anak, rekan band, hingga suster yang merawat Marley di kala sakit. Dan, pengaturan kisah demi kisah ini disampaikan secara apik oleh sutradara Kevin. Runtun, rapi dan menarik.

Sebagai pendukung, disertakan pula rekam jejak foto, footage cuplikan video, rekaman interview dengan Bob Marley jaman dulu, dan tak ketinggalan mahakarya Bob Marley yaitu musik reggae.

Keseluruhan, dokumenter ini tak hanya menginspirasi tentang kesuksesan tapi juga semangat perdamaian dan pemikiran.

#bagi yang tak bisa menerima perbedaan, film ini tentu akan "membosankan". Tapi, bagi pecinta damai, para pemburu inspirasi, film ini recommended.

One love , one heart, let's be together and feel all rights

Marley (2012) - 8/10