Foto masa lalu di daerah City Of God


Kali ini "terbang" ke Brazil. Film yang memakai bahasa Portugis. Dan, karya kali ini, memang harus dipuji. Bagus.

Meski memakai bahasa yang kurang akrab, namun jalan ceritanya bisa ditangkap dengan baik. Gaya alurnya memakai cerita dari karakter-karakter penting di dalam hidup karakter utama-nya, yaitu Rocket.

Ada banyak karakter yang "membangun" dan hidup di sekitar Rocket. Ada Lil'z. Ada Benny. Ada Angelica. Ada Carrot. Ada juga Knockout Ned.

Menariknya, masing-masing karakter tersebut memiliki jalan ceritanya sendiri-sendiri namun di tiap jalan mereka ada titik kaitan satu sama lain hingga membentuk sebuah satu kesatuan cerita.

**!! Yang bisa dipetik dari film ini, bahasa kekerasannya. Cukup vulgar dan "menyeramkan". Karena disini disuguhkan sebuah lingkungan yang "keras". Akrab dengan senjata api dan membunuh menjadi hal biasa dalam lingkungan di film ini.

**!! Tak hanya kekerasan, seks dan narkoba juga menjadi bahan cerita disini. Yang mungkin "mengganggu" disini adalah gambaran para anak kecil yang akrab menenteng senjata api kemana-mana dan bahkan membunuh lalu tertawa senang.

Meski banyak cerita dilempar, lalu jalan cerita kadang maju mundur, namun iramanya tetap terjaga menarik. Dan twist yang paling dramatis sekaligus nge-hit cukup dalam adalah jalan cerita milik Knockout Ned. Twist Knockout Ned adalah twist yang paling dalam buat penulis.

Twist paling akhir, ini adalah kisah nyata

City Of God (2002) - 8/10