Calendar Of Events 2016


Data acara (kalau melihat versinya) merupakan agenda yang diadakan oleh pemerintah kota. Tapi tentunya semarak kota tidak hanya berhenti sampai di pihak pemerintah saja, masih ada pihak non-pemerintah yang juga memiliki segudang acara. Contohnya dapat dilihat disini.

Bagi penulis pribadi, beberapa acara cukup familiar karena faktor rutin pengadaannya seperti Flower Carnival, Festival Kendaraan Hias, dan Pemilihan Kakang Mbakyu. Sedangkan beberapa lokasi acara lain yang familiar karena faktor lokasi, antara lain Alun-Alun, Ijen Boulevard, Balai Kota, atau Taman Krida Budaya. 

Selain data diatas, ada juga pagelaran Festival Tempo Doeloe yang pernah menghebohkan karena kemacetan yang berantai dan menjalar kemana-mana. Namun, dari acaranya sendiri terbilang cukup menarik dan meriah. Acara ini juga dijadikan sebagai ajang pengetahuan seputar sejarah kota. 

Acara lain dalam kota yang juga menjadi agenda rutin setiap minggu adalah Car Free Day. Di beberapa kota lain juga ada acara Car Free Day ini yang mengusung tema bebas kendaraan. Menurut penulis, acara Car Free Day ini cukup positif karena selain menjadi ajang “kebebasan” dari asap kendaraan dan kemacetan, juga bisa menikmati jalan raya tengah kota dengan berjalan kaki. Cocok menjadi media berkumpul bersama rekan dan keluarga atau juga komunitas. Selain itu, Car Free Day ini juga menjadi ajang sumber rejeki bagi para pedagang yang memiliki produk unik dan produk makanan-minuman.

Harapannya, ajang acara kota baik yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun non pemerintah ini dapat dikelola secara baik dan profesional. Dengan banyaknya media online yang ada setidaknya dapat membantu dari segi promosi dan dapat meningkatkan kunjungan wisata.

14 comments:

  1. Wah aku pernah 5 hari di Malang rasanya ga cukup buat jalan-jalan. Asri terutama di jl. ijen. Sayangnya liburanku ditutup dg gempa bumi saat berada di masjid Turen dilantai 8. Dag dig dug setengah mati

    @adibriza

    ReplyDelete
    Replies
    1. @adi, Masjid Tiban ya? Saya pribadi belum pernah ke sana, tapi banyak cerita yang bilang memang tempatnya menarik dan indah. Kalau ijen, sering lewat. Karena faktor asri dan mungkin juga karena luas ruas jalan, setiap minggu jadi ajang CFD. Thx comment nya

      Delete
  2. Flower festival? festival kembang, gitu?

    Maaf mas, kalau boleh usul, templatenya itu lho kecil banget tampilan postingannya nih. mungkin bisa diatur lagi atau diganti :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gema, flower festival itu parade bunga yang mirip karnaval mobil hias hanya tema-nya bunga.
      Untuk template, ya ini juga masih cari template yang lebih kecil lagi :)
      Thx comment dan sarannya

      Delete
  3. Malang itu selalu ngangenin.
    Baru dua kali kesana eh ketagihan dan rindu mau kesana lagi

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  4. Semoga lebih baik yah, berharap Pemerintah juga mendukung penuh setiap acara.Pemilihan Kakang dan Mbayu, ini mirip dengan mojang-jajaka, atau abang-none jakarta yah?
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  5. @amma, ya benar malang memang ngangenin. Thx commentnya :)

    ReplyDelete
  6. @rin, betul tanpa dukungan pemerintah juga masyarakat tentunya acara kota akan kurang terasa gaungnya. Pemilihan Kakang Mbakyu seperti Mojang Jajaka di Bandung. Thx commentnya

    ReplyDelete
  7. inget malang inget baksonya hehe...

    ReplyDelete
  8. Dari tadi nyariin kata Malangnya baru nemu di komentar. Soalnya posternya kecil.

    Senang ya ada flower carnival. Jafi ingat dulu pas kecil suka lihat flower carnival disney di tv.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
  9. Malangg, bulan lalu ke Museum Angkut...ternyata sudah semakin macet Malang, saingan sama surabaya

    @ririekayan

    ReplyDelete
  10. @riamustika, yup..ada bakso kota, bakso president, bakso stasiun, sampai bakso tenes juga ada....:)

    ReplyDelete
  11. @diah, iya, nanti diperbaiki gambarnya... Wah, asik tuh flower carnival ala Disney...Thx commentnya

    ReplyDelete
  12. @ririe, museum Angkut Batu ya? Saya malah belum ke sana .... Thx comment :)

    ReplyDelete