Big guys with big dreams and big crimes


Memang yang membuat menarik dari film ini adalah tag based on true event-nya. Apalagi diperindah oleh jajaran cast pendukungnya yang cukup menarik, sebut saja Mark Wahlberg - Anthony Mackey - dan Dwayne Johnson!! Lalu ada juga Ken Jeong yang lagi-lagi kebagian peran Rich Asian Man seperti di Hangover, dan terakhir Ed Harris.

Kisahnya tentang kriminalitas yang dilakukan 3 orang "tukang bangun raga" alias bodybuilder. Big guy with big crime. Kejahatan yang dilakukan adalah perampokan, penculikan terencana sekaligus pembunuhan.

Meskipun temanya serius, kejadian nyatanya tentu saja serius, dan juga level kejahatannya juga serius sekali. Penculikan, perampokan paksa, penyiksaan, dan pembunuhan mutilasi, namun citarasa film ini justru diolah dengan bumbu komedi yang lumayan kental.

Gaya Mark mengingatkan penulis pada The Other Guy. Perannya sebagai inisiator. Lalu dikombinasikan dengan Dwayne Johnson yang kebagian peran karakter lugu.

Komedi film ini mengambil sudut pandang terbalik, dimana para penjahat ini sebenarnya adalah orang baik. Lihat saja Dwayne Johnson, dengan wajah garang, tato di sekujur tubuh, dan badan besar ternyata memiliki hati yang lembut untuk melakukan kejahatan yang dimotori oleh karakter Daniel Lugo.

Kalau Anthony Mackie, penulis kurang begitu cocok, karena dari sisi fisik sepertinya Anthony kurang "masuk" kategori bodybuilder. Namun, soal akting penjahat-nya, tentu saja bagus.

Pesan moral dari film ini adalah hati-hati dengan mimpi yang mahal. Karena, bila tidak kuat iman, maka mimpi mahal itu akan menjadi petaka dan neraka bukan saja buat orang lain tapi juga untuk diri sendiri. Lagi, hati-hati dengan pemakaian obat-obatan penunjang fisik seperti steroid, bisa-bisa akan seperti yang dialami oleh karakter Adrian. Lalu, jangan mencoba obat-obatan terlarang yang bisa membuat ketagihan dan berkencan dengan wanita seksi, bahkan ketika kaya raya, karena mereka akan setia menggerus uang.

Keseluruhan, kurang paham dengan maksud meng-komedi-kan kejahatan nyata yang serius. Tapi, bila dipandang dari sudut film sebagai komoditas hiburan, film ini cukup menghibur dengan gaya Mark Wahlberg dan Dwayne Johnson.

Pain & Gain (2013) - 6/10