Berry Hitam


Asal mula aktivitas blog dimulai sebagai dokumentasi pribadi tentang pesan dan kesan yang ditangkap ketika sedang menonton film.

Blog ini diolah dari sebuah handphone yang sekarang sudah dianggap jadul yaitu Blackberry 9320. 90% blog (postingan) dibuat melalui BB ini. Sisanya 10% pengaturan template, penambahan foto dan aksesoris blog lainnya terpaksa menggunakan PC.

Meski tergolong jadul, fungsi dan kinerja Blackberry 9320 ini ternyata cukup hemat (dibandingkan dengan sistem paket ala Android-Iphone juga Iuran modem rumahan), ampuh, dan mantap.

Selain untuk aktivitas menulis blog, hingga saat ini fungsi komunikasi masih terbilang lancar, (**meski hanya sebatas sms.)

Untuk media browsing (mencari data via website) belum ada kendala untuk akses ke website (**yang ringan). Mengupdate berita terkini juga bisa lewat aplikasi Twitter. (**Aplikasi Twitter di BB ini masih hanya tulisan dan foto, tapi sudah cukup bermanfaat.)

Untuk keperluan download sejauh ini cukup stabil dan lancar. Mulai dari file excel, foto, lagu, hingga film. Sedangkan untuk proses upload, hanya terbatas pada media berukuran kecil.

Untuk keperluan internet yang mengharuskan diakses via PC, BB 9320 bisa difungsikan sebagai modem.

Kelemahan dari Blackberry ini tentu saja minus "kemeriahan" aplikasi kekinian ala Android atau Iphone. Untuk Whatsapp, terlalu memberatkan. Apalagi bila digabungkan dengan Line, WeChat, Kakao, BeeTalk, dsb. Sedangkan media sosial Insta, Path, Skout, Tinder, OkCupid, MeetMe (sepertinya) belum tersedia. **Kalau masih jomblo jangan nekat berlama-lama dengan BB tipe lama, dijamin semakin jomblo.

Tapi dengan dukungan paket Full Service dari provider "Merah", keperluan internet via Blackberry jadul selama ini sudah cukup (versi penulis) memadai. Bisa untuk komunikasi serta internet sudah terasa canggih.

Tentu saja bila dibandingkan dengan kualitas layanan modem rumahan (Speedy, Indihome) atau sekelas warnet, kualitas internet via BB ini kalah kelas. Meski begitu bagi penulis setidaknya sudah sesuai dengan prinsip dasar ekonomi, membeli barang murah (paket internet) untuk memperoleh hasil maksimal (internet lancar).




18 comments:

  1. Saya masih pake "Berry Hitam" buat jualan dan komunikasi dengan suami :) dan selalu terhubung dengan email, jadi cepat diketahui kalau ada email job atau lainnya yang masuk.

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. @amma, wah sama nie. Ow ya bisa buat jualan juga? Berarti fungsinya semakin lengkap tuh. Thx commentnya.

      Delete
  2. Wah, diolah dari black berry? :O
    emm... kalau paket fullservicenya bb murah ya? :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
    Replies
    1. @epatcy, iya. Ini balas reply comment juga via BB aja. Makanya blog-nya aneh hehe :)
      Kalau provider "ini" kemaren masih kena 99K, kalau andro biasa 135K (pengalaman jual pulsa), modem yang gabung telepon ma tivi, iuran nya (kabarnya masih) 300K-an.
      Thx commentny

      Delete
  3. Beuuh..si provider 'merah' cukup laris di kalangan netizen

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  4. aku malah belum pernah pake blackberry. kurang tertarik juga sih hehe. tapi lumayan ya ada paket full servicenya dari operator

    @gemaulani

    ReplyDelete
  5. aku ga pernah pake si berry hitam... jadi ga ngerasain gimana2nya heheeh

    ReplyDelete
  6. sampai sekarang , push email di blackberry masih lebih baik ketimbang di iOS atau Android.

    Makanya pelaku bisnis kebanyakan masih mempertahankan BB nya untuk kepentingan pekerjaan.

    Dan iyaa, sepakat BIS (blackberry internet service) memang paling nampol urusan unlimited kuota.

    btw, serius nulis langsung via BB ??

    ReplyDelete
  7. @siti...kalau pengalaman pribadi menggunakan Kuning-Hijau, sempat trouble berlarut-larut bu... Makanya migrasi ke Merah
    Thx comment :)

    ReplyDelete
  8. @gema + @mutia, oh ya? mungkin kelak bisa dicoba, sepertinya pamor BB sedang turun (harga) seiring marak Andro+Iphone
    Thx comment :)

    ReplyDelete
  9. @andhika, sepakat BIS (blackberry internet service) memang paling nampol urusan unlimited kuota --- setuju hehe

    btw, serius nulis langsung via BB ?? -- untuk isi postingan, kalau pasang foto kurang maksimal BB saya, sering hang. Maklum di rumah tidak pasang si Indi hehe
    Thx comment:)

    ReplyDelete
  10. Suamiku kan pake Dakota, ya, aku itu heran banget, dia kalau download video beratus-ratus MB nggak pernah yang kehabisan kuota sebelum masa aktif berakhir, hemat banget. memori Dakotanya juga kayak yang tanpa batas gitu, diisi file ukuran berapapun tetep muat. Apalagi kalaubpake provider merah jalannya kayak Bis Patas, nggak bisa di rem. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. @elisa, betul bu, kekuatan downloadnya (sampai sekarang) masih cukup mantab, kalau soal memori (internal) versi BB saya justru minimalis (ga terlalu luas) hehe...
      Thx comment nya :)

      Delete
  11. Aku ga sempet pakai merk hp itu. Dulu setia sama nokia. *padahal ga ada bajet

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahliah, nokia...saya juga pernah sebelum BB ini memakai nokia E72, tapi waktu itu masih kurang begitu "kenal" dunia internet. Jadi penggunaannya kurang maksimal, tapi kelebihan Nokia, salah satunya adalah awet.
      Thx comment-nya bu :)

      Delete
  12. Gadget yg bernama blackberry merupakan device yg jarang saya pakai. CUma pernah pakai sekali, tak lama BBnya rusak. TRs gak pakai BB lagi, selain juga karena paket kuotanya terbilang mahal juga *menurutsaya*

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ririe, kebetulan BB saya tidak pakai kuota untuk internet. Tapi memang ada provider yang punya layanan paket BB 3 bulanan (saat ini), lumayan murah, untuk kualitas internet-nya, kurang paham. Apapun device-nya yang penting nyaman digunakan untuk aktifitas dan berkreasi :)
      Thx commentnya

      Delete
  13. Yg penting akses internetnya lancar agar bisa dipakai dimana aja

    ReplyDelete