Tiger Wong versi layar lebar


Begitu Nicolas Tse menyebut nama karakternya ... Tiger Wong, baru semuanya jelas. Ternyata film ini merupakan adaptasi dari komik lawas yang fenomenal (setidaknya bagi jaman penulis Sekolah Dasar dulu) yang berjudul Tiger Wong.

Alur ceritanya sendiri, kurang begitu menancap baik. Karena sibuk mencocokkan karakter yang ada di film dengan memori penulis tentang komik Tiger Wong. Dan, ternyata memang berbeda.

Yang penulis kenal dari komik Tiger Wong, adalah petualangan duo Tiger Wong dan Gold Dragon. Disini ada karakter Dragon Wong (kakak dari Tiger Wong) yang di komik karakternya "terlewatkan" dan diceritakan telah meninggal.

Lebih pas bila karakter Tiger Wong dibawakan Donnie, pendapat penulis. Karakter Tiger Wong disini minus jurus Sembilan Matahari.

Gold Dragon. Disini justru bernama Turbo. Sama, menggunakan Nunchaku. Sama, andalan jurus Baju Besi Emas dengan simbol Lonceng Besi.

Minus karakter Guy si Tapak Budha.

Disini ada karakter 4 sahabat, namun porsinya sangat kecil. Ming Mata Empat andalannya Ketapel sekaligus menguasai Baju Besi Emas, Draco Mata Satu yang jago jurus kera, Kid yang jago cakar Elang. Dan, Baldie si Kepala Baja tapi disini tampil tidak plontos.

Dari segi konflik tentu saja berbeda dengan komik yang penulis tahu. Di komik, konfliknya melawan kelompok Supreme dan kelompok Barbarian. Disini, kurang jelas melawan kelompok apa.

Dari segi aksi, sutradara aksinya adalah Donnie Yen sendiri, yang menurut penulis cukup lumayan mengolah gerak gerik kungfu. Terutama adegan 1 orang lawan banyak orang. Gabungan antara komputerisasi dan aksi laganya, juga cukup halus enak dinikmati.

Film ini menarik dari segi memorial-nya yang komiknya dulu sangat penulis sukai dan tunggu-tunggu setiap bulannya. Meski sayang sekali, koleksi Tiger Wong penulis sangat tak sempurna karena ada beberapa seri yang tidak bisa penulis dapatkan.

**Pola rambutnya semua karakter lakon, hampir sama semua. Menutupi mata, sampai karakter guru Kun juga dibuat sama sampai kelihatan lucu karena seperti memakai wig.

Dragon Tiger Gate (2006) - 7/10