Saat tugas Paspampres tidak saja mempertahankan keselamatan sang Presiden


Film ini mengangkat skema membuat "lemah" atau "melemahkan" apa yang terlihat kuat di dunia nyata. Dan karena ini film, tentu saja ini hanyalah hiburan semata.

Untuk urusan duplikat Gedung Putih dan aksi komputerisasi hancur-hancurannya, terbilang lumayan. Terlepas apakah memang benar Gedung Putih sungguhan atau Gedung Putih duplikat buatan, cukup menarik.

Satu pertama yang tidak sesuai harapan ketika memulai cerita dalam film Antoine Fuqua ini, yaitu tokoh presiden-nya ternyata bukan dibawakan oleh Morgan Freeman. Dan keberadaan aktor lebih muda yaitu Aaron Eckhart semakin melengkapi kesan terbaliknya.

Kedua, gaya Gerard Butler sebenarnya tidak buruk, lumayan apik membawakan karakter Paspampres yang memiliki skill individu mumpuni, hanya kemiripan sekilas-nya, mungkin akan lebih fresh bila Jeremy Renner yang dipasang sebagai Banning disini.

Ketiga, konfliknya sebenarnya tidak rumit. Biasa saja. Tidak bercabang membuat bingung. Bahkan konflik dilema kenegaraan yang diangkat juga datar saja. Tidak ada greget spesial.

Alur cerita juga semakin melemah ketika menuju drama terakhir. Kesannya terlalu mudah dan klise.

Menyelamatkan Connor, mudah saja. Melumpuhkan pengkhianatan Forbes, biasa. Menyelamatkan presiden, mudah tanpa porsi perlawanan berarti. Mematikan kode Cerberus juga umum.

Umum. Gaya "mendekati 00:00:03" ---> detik-detik akhir seolah ingin menarik ketegangan menonton, tapi skema tersebut seperti sudah banyak digunakan, akhirnya menjadi terlalu biasa.

Olympus Has Fallen (2013) - 6/10