Konspirasi di balik Motaba


Film klasik yang masih asyik disimak. Para aktor pendukungnya lumayan menarik juga. Dustin Hoffman, Morgan Freeman, Donald Sutherland, Cuba Gooding Jr, dan Kevin Spacey.

Dikisahkan di sebuah desa terpencil di Zaire terjangkit sebuah penyakit mematikan. Cara "memutuskan" rantai penyebaran virus cukup radikal yaitu dengan membumihanguskan desa dengan sebuah bom seperti nuklir.

Sekian tahun lama berselang, virus itu "kembali" muncul, satu pembawa virus lolos karena kelalaian manusia, akibatnya virus berpindah dan menyebar ke sebuah kota kecil di benua Amerika Serikat.

Yang menarik lainnya disini adalah konfliknya. Plot ceritanya berlika-liku dan dalam. Jadi, tak hanya sebatas pada bencana merebaknya virus penyakit dari daratan Afrika, namun juga ada konspirasi besar yang ternyata tersembunyi di balik virus penyakit mematikan dan dilakukan oleh pejabat militer Amerika sendiri.

Rasa "horor" penyebaran virus yang disebarkan melalui seekor kera, cukup lumayan. Bila diimajinasikan di kejadian nyata, bakal mengerikan sekali bila virus mematikan bisa menular tak hanya kontak zat tubuh manusia bahkan lewat udara bebas.

Keseluruhan, meski klasik masih tetap asyik untuk disimak.

Outbreak (1995) - 6/10