Selama 28 tahun kisah ini tak bisa diceritakan



Banyak hal menarik dari film garapan Kathryn Bigelow ini. Hollywood membuat cerita tentang kapal perang Rusia, dua negara besar yang pernah "berseberangan". Peace!! Berdasarkan kisah nyata, ini yang menjadi tag penarik minat. Sebelumnya, Denzel Washington berseteru dengan atasannya Gene Hackman, disini merupakan kaca dari film tersebut.

Bila di Crimson Tide, fokus cerita ada di dalam kapal selam Amerika yang berseteru dengan Rusia. Pihak Amerika berusaha keras tidak menyerang Rusia demi perdamaian. Begitu pula disini, jauh di seberang konflik dalam kapal selam Alabama, di dalam kapal selam milik Rusia, K-19, juga sedang terjadi konflik panas antara Harrison Ford dan Liam Nesson. Hanya saja konflik yang diangkat memang berbeda. Disini lebih luas. Karena disini konflik yang juga diangkat seputar "kutukan" kepada kapal selam K-19.

Bahkan sebelum terkena permukaan air, diceritakan bahwa kapal selam K-19 telah meminta tumbal nyawa dari pekerjanya. Maka ada sebutan "Pembuat Janda". Konflik lain yang diangkat masalah beda pendapat antara 2 kapten, dan radiasi yang menyerang awak kapal.

Sejurus dengan film Denzel-Gene, film ini juga menceritakan "beban" seorang kapten kapal selam yang kadang harus mengambil keputusan kontroversial. Dilema yang dipaparkan dalam film ini sedikit lebih rumit daripada Crimson Tide. Karena beban kapten K-19 disini tak hanya beban rakyat Rusia melainkan juga awak kapalnya sendiri. Ada kisah dilema yang dihadapi karakter Vostrikov antara menyelamatkan diri meninggalkan kapal atau bertahan.

K-19 : The Widowmaker (2002) - 7/10