Pagar perdamaian yang merusak tanaman


Yang menarik dari film ini adalah kisahnya berdasarkan kejadian nyata. Tentang suasana perang di negara Serbia-Bosnia. Berfokus pada kisah karakter Kathryn Bolkovac yang menjadi salah satu petugas perdamaian di bawah bendera swasta.

Yang menarik lainnya adalah keberanian film ini untuk mengungkapkan kebenaran di dalam sebuah operasi yang dianggap mulia. Membongkar sindikat jual beli manusia. Ironisnya, aksi dagang serta pemerkosaan wanita tersebut dilakukan oleh mereka yang mengatasnamakan tentara perdamaian. Tak hanya melawan personal namun juga organisasi internasional bahkan diplomat. Tentunya, tak sembarang orang yang berani melakukan hal seperti film ini.

Film ini mengingatkan penulis pada gaya film milik sutradara Paul Greengrass yang berjudul Green Zone. Kedua film ini memiliki tema sama yaitu membongkar kebobrokan di balik jubah demi perdamaian. Membongkar "korupsi" di dalam perdamaian. Cara yang dipakai ketika berhadapan dengan "raksasa" juga kurang lebih sama, tak memakai kekerasan melainkan email. Satu-satunya jalan menghentikan "korupsi" level dunia adalah melalui pemberitaan kepada dunia biar dunia yang menentukan pilihannya.

Bila dibandingkan, sepertinya Green Zone lebih menonjok di bagian ending-nya. Di sini, bagian ending-nya kurang kuat. Apalagi terasa perjuangan yang dilakukan Bolkovac seperti diruntuhkan sendiri oleh keterangan di ending-nya bahwa tidak ada yang dihadapkan ke depan hukum.

The Whistleblower (2010) - 6/10