Ide menghilangkan kotoran


Lho, nilainya ternyata rendah di imdb. Wajar saja sepertinya dan penulis sependapat kali ini karena memang film ini gagal menonjok dari segi komedinya. Biarpun memasang nama Ben Stiller dan duet dengan Jack Black, namun masih kurang powerfull.

Alur ceritanya pun kurang kuat. Apalagi tema yang diangkat seputar penemuan di bisnis kotoran hewan (beruntung masih hewan, bukan manusia). Konfliknya biasa saja.

Namun, meski film berjalan dengan biasa, ada pesan yang tersembunyi bila dipandang dengan sudut lain yaitu tentang kewirausahaan. Dimana, film ini mencoba memberi pesan bahwa kadang sekilat ide bila diolah dengan baik bisa menjadi bisnis jutaan uang. Dan ide bisnis itu bisa darimana saja tanpa kita sadari. Kita hanya perlu melihat dan merealisasikan. Jangan meremehkan ide yang mungkin terlihat remeh atau gila sekalipun. Bila sudah jatuh gagal bangkrut, mari coba lagi.

Paling suka dari film ini adalah ide bisnis Flan Saku. Makanan (jelly) dikemas dalam packing layaknya pasta gigi, tinggal pencet tube-nya. Ide cemerlang. Kira-kira apa yang cocok dengan ide Flan Saku itu? Penulis memiliki ide bahwa yang cocok dengan konsep makanan Flan Saku selain jelly mungkin juga bisa kentang tumbuk, keju pasta, atau jelly buah.

Envy (2004) - 6/10