Pencarian sel teroris terakhir


Awalnya menarik. Momen penyanderaan dan gaya Denzel Washington sebagai aparat sudah klik. Hanya saja ke dalam, jatuhnya biasa-biasa saja. Tak ada yang istimewa.

Alur ceritanya hanya menarik di setengah durasi penuh saja. Berikutnya, sulit terlalu berbelit. Konfliknya seputar mencari sel teroris dengan bahasa pembahasan yang sedikit "tinggi" kurang sederhana. Konfliknya juga terlalu berbelit-belit dengan munculnya Elise alias Sharon dan terakhir Devereaux dengan aksi menggiring militer masuk kota kemudian memblokir satu kota dan menangkapi seluruh penduduk dengan ras tertentu.

Seperti di Inside Man, dimana Denzel tampil bersama satu bintang tamu, Jodie Foster. Bintang tamu yang memiliki nama besar diplot dalam alur cerita sebagai pemanis dan sedikit porsi tampil. Kehadiran bintang tamu tersebut seperti "tak berpengaruh" banyak, ada atau tak ada sepertinya tak menjadi masalah dalam cerita. Disini, kehadiran Bruce Willis hampir "senasib" dengan Jodie Foster di Inside Man.

Keseluruhan, tema dan bahasan film Denzel kali ini kurang menarik. Tinggi sedikit berlebihan. Dibandingkan dengan American Gangster yang berdurasi panjang dan kompleks, namun masih memikat dan enak dinikmati, disini konfliknya kurang begitu menarik minat. Mungkin kalau dibuat simple akan jauh lebih menarik, penyanderaan-bom-misteri mencari pelaku-selesai.

The Siege (1998) - 5/10