Misteri spiritual Donnie Darko


Apa benar arti cult film itu merujuk pada sebuah karya yang bergaya baru? Penulis juga kurang tahu, melihat data di wiki film ini termasuk salah satu di dalam arti cult.

Penulis merasa konsep alur cerita film ini memang tak seperti film drama biasa. Disini lebih "acak" lebih "liar" dalam penataan alur cerita, bahasa dialog, rangkaian cerita, dan nuansa suram-nya.

Ini pertama kalinya penulis menyimak film ini dan pada level pertama ini memang terasa berat buat penulis yang masih awam dalam menikmati media seni film. Yang tertangkap dari film ini datar saja, entah kemana maksud cerita film ini. Kurang simple terlalu abstrak terlalu rumit sehingga tak eye watching untuk selera penulis sendiri. Horor atau sekedar drama misteri perjalanan waktu menembus ruang.

Mungkin film ini akan lebih sempurna terserapi bila dinikmati lebih dari dua atau tiga kali berikutnya. Pertanyaan terakhir yang muncul, bila memang intinya "sudah tewas" kenapa harus dibungkus dengan drama misteri perilaku aneh Donnie sedemikian panjang dan rupa. Terlalu berat. Kurang simple.

Donnie Darko (2001) - 6/10