Cerita dalam pesawat United 93


Satu lagi sebuah karya Paul Greengrass yang berhasil penulis tangkap. Dan, sekali lagi film yang berbicara soal terorisme setelah Green Zone, Sunday Bloody Sunday, dan Captain Phillips yang penulis dapatkan lebih dahulu. Dan, Paul Greengrass menampilkan sebuah karya yang baik disini.

Bila sebelumnya penulis telah menyimak film dokumentasi dari pemadam kebakaran New York pada saat terjadi tragedi WTC, kali ini sudut yang diambil oleh Paul adalah dari dalam pesawat United 93. Dimana seperti yang menjadi sejarah dunia pada tanggal 11 September 2001, gedung WTC ditabrak oleh pesawat komersil yang dibajak, kemudian Pentagon. Dan, pesawat United 93 ini termasuk dalam daftar pesawat yang dibajak hanya tidak mencapai targetnya (Gedung Putih).

Menurut penulis, meski ditulis no one survived, sepertinya cerita "bagaimana" kondisi pembajakan di dalam pesawat diambil dari serangkaian hubungan telepon via penumpang kepada keluarga kerabat yang berada di darat. Yang menurut penulis hebat dari film ini adalah mampu menyajikan cerita yang tertata rapi dari sisi alur maupun konflik.

Dimulai dari sebuah hari yang cerah, kemudian konflik bergulir merambat bergantian dimulai dari ruang kontrol ATC, militer, dan terakhir di dalam pesawat. Semua bagian mampu menampilkan konfliknya masing-masing dengan rapi dan menanjak hingga dramatisasinya.

Lainnya, di film ini rata-rata pendukungnya adalah bintang biasa, setidaknya bagi penulis yang belum familiar, namun soal akting cukup mampu menampilkan kisah ketegangan di atas ketinggian puluhan ribu kaki di atas daratan dengan di bawah ancaman bom dan pisau. Mengambil data wiki, bahwa salah satu karakter pembajak di film ini juga bekerja sama dengan Paul di filmnya yang lain, Green Zone.

Mungkin, film ini akan menyentuh garis sensitif seputar SARA, namun kembali ke personal masing-masing dalam menanggapi karya Paul Greengrass ini. Pendapat penulis, dari sisi film, cukup menarik mampu mengangkat konflik yang pastinya tidak dialami sendiri namun berhasil larut dalam emosi ketegangan dan kepanikan meskipun dengan para pemain pendukung bukan dari kalangan artis pesohor. Nice movie.

United 93 (2006) - 8/10