Stop rasisme


Sebelum Ghost Of Missisippi ada film ini yang juga mengangkat tema serupa yaitu seputar kekerasan kepada kaum hitam. Bila di Ghost Of Missisippi, fokus cerita ada pada kasus penembakan Medgar Evers dan drama investigasi oleh DeLaughter, maka disini jauh lebih luas yaitu FBI melawan kota Missisippi.

Adalah sebuah Missisippi yang terkenal dengan Ku Klux Klan nya, yang sangat "membenci" keberadaan kaum kulit berwarna hitam, ternyata seperti yang digambarkan di film ini memang seperti sebuah negara kecil di dalam negara serikat Amerika dengan peraturannya sendiri. Bahkan kepada FBI pun mereka berani melakukan perlawanan.

Kentalnya rasisme Missisippi di sini jauh lebih kental dan menonjok ketimbang di film Ghost Of Missisippi yang lebih fokus ke kasus penembakan personal. Film ini sukses membangun suasana kental rasisme melalui beberapa aspek atmosfir, seperti mulai dari rakyat jelata, polisi, bahkan walikotanya sendiri.

Kekuatan film ini juga tak lepas dari akting Gene Hackman yang dipertemukan Brad Dourif sebagai karakter antagonis yang berhasil membangun karakter Clinton Pell salah satu polisi dan anggota kain putih Ku Klux Klan. Luar biasa penampilan mereka ditunjang dengan hadirnya William Dafoe dan Frances McDormand.

Alur ceritanya sendiri cukup menarik. Meski klasik, namun antar segmen terbangun dengan kaitan cerita yang rapi, masih enak diikuti, dan menanjak teratur dramatis.

Ada beberapa poin yang berkesan dari film garapan sutradara Alan Parker ini. Salah satunya, sebuah quote yang dilontarkan oleh istri karakter Clinton Pell, Mrs.Pell, bahwa kebencian itu bukanlah sifat bawaan lahir melainkan hal yang diajarkan. Patut direnungkan.

Lainnya, penulis "terkecoh" dengan Brad Dourif ini. Sekilas dari awal hingga akhir film, penulis dalam hati memuji penampilan "Tim Robbins" ini. Mirip.

Pesan moral film ini cukup jelas. Selain mengumandangkan tentang buruknya "neraka" rasisme juga sebagai media bukti bahwa dunia berubah. Dunia ini memang berputar. Mungkin pada saat kejadian tahun 1964, kaum kulit berwarna pada saat ini sangat menderita, namun sekarang, saat tulisan ini dibuat, presiden Amerika adalah pria kulit hitam.

Nice movie.

Missisippi Burning (1988) - 7/10