Pengadilan panjang untuk Medgar Evers


Sebenarnya ini adalah film salah "sasaran". Sebelumnya judul yang penulis cari adalah dengan kata Burning, tapi yang didapat adalah Ghost. Well, tapi ternyata tidak kalah menarik. Tema masih sama. Seputar rasisme yang pernah terjadi di negara bagian Mississippi, Amerika.

Film dan jalan cerita tidak ada yang menonjol. Biasa saja. Konfliknya juga biasa. Tapi kisah di dalamnya adalah yang luar biasa. The story is true. Kisahnya adalah kisah nyata.

Kejadian itu terjadi sekitar tahun 1963. Sebuah pembunuhan terjadi pada Medgar Evers yang notabene adalah kulit hitam. Dan pembunuhan tersebut terjadi saat rasis masih kuat terhadap kaum kulit hitam di Amerika. Pelaku (disini tanpa tertutup misteri) Byron De La Beckwith. Pada saat itu, tentu saja bebas merdeka tanpa syarat.

Selang 27 tahun kemudian , 1990 , seorang pengacara muda berkulit putih, Bobby DeLaughter, dengan segala keberaniannya membuka kembali kasus Beckwith untuk meluruskan keadilan yang terlupakan. Membuka kasus puluhan tahun yang lalu, bukan hal yang mudah. Terlebih Beckwith adalah seorang tersohor. Banyak yang dikorbankan untuk sebuah kebenaran. Dan, film ini mempresentasikan perjuangan meluruskan sejarah dan keadilan dengan sangat baik melalui akting menawan Alec Baldwin, Whoopi Goldberg, dan James Wood sebagai De La Beckwith.

Ghost Of Mississippi (1996) - 7/10