Mengetahui dan membiarkan kejahatan adalah kejahatan


Alasan utama mengambil film ini adalah Jodie Foster. Penasaran ingin melihat gaya akting Jodie ketika masih belia. Hasilnya, menarik. Berbeda sekali dengan gaya Jodie di Flightplan atau Panic Room. Di sini, Jodie tampil "meledak-ledak" dan sedikit "berani".

Alur ceritanya simple saja. Hanya konfliknya yang dibuat sedikit rumit dan panjang. Mengangkat tema seputar kasus perkosaan yang dialami karakter Sarah. Namun oleh karena penampilan seksi Sarah, baik kasus maupun hukum yang berlaku tersebut menjadi "layu".

Tema seperti ini juga dipakai seperti di No One Killed Jessica meski beda konflik kasus. Susah sekali mendapatkan hukum yang adil. Hanya saja, konflik sulitnya hukum berlaku adil disini tidak memakai jurus anak politikus atau anak orang kaya seperti di No One Killed Jessica, melainkan karena faktor penampilan serta gaya karakter korban Sarah Tobias sendiri.

Di dalam cerita film ini juga tidak menyimpan karakter jahatnya. Namun, konflik menghukum yang jahat itulah yang menjadi dasar cerita disini. Sayangnya, ending-nya kurang mantap. Minus twist menjadikan datar saja.

The Accused (1988) - 6/10