Misteri yang masih membisu


Meski nilai secara sisi filmnya jelek tapi informasi sejarah serta kisahnya memang dramatis. Diangkat dari sebuah tragedi kriminal nyata yang belum terselesaikan.

Tragedi tersebut terjadi di New Mexico, di sebuah arena bowling. Dimana pada tanggal 10 Februari 1990, tepatnya di Las Cruses Bowling Alley, siang itu dua orang pria bersenjata secara sadis membabi buta menghabisi nyawa tujuh orang sekaligus. Tiga lainnya selamat. Total korban adalah 10 orang.

Yang memilukan dari kisah film ini adalah tentu saja ada korban anak-anak. Motif dan pelaku belum terungkap. Ada sedikit konflik yang menarik antara keterangan wawancara dengan pemilik arena bowling dan pihak kepolisian. Tapi, tetap saja, konflik itu tidak berpengaruh banyak pada kasus ini. Masih "membisu".

Tampilan dokumenter ini sebenarnya menarik bagi penulis. Runtun. Rapi. Tidak acak. Detail kejadian dilengkapi dengan foto dan rekaman film setelah kejadian yang memang mengerikan. Sesi wawancara dimulai dari sisi korban yang selamat, orang terdekat para korban, pemilik tempat kejadian, polisi lokal, detektif, pihak medis, dan pakar.

Film ini seperti yang diutarakan oleh sutradaranya Chalie Minn, adalah setidaknya membuka pintu harapan baru bagi tragedi ini untuk bisa "berbicara" lebih banyak.

A Nightmare in Las Cruses (2010) - 7/10

No comments:

Post a Comment