Pengalaman perih Tipton Three


Penampilan film dokumenter karya sutradara Michael Winterbottom ini memang sangat "menonjok". Sangat dekat dalam memberikan gambaran realita yang dulu ada.

Alur cerita pun "memperparah" realita tersebut. Tentang pengalaman 3 orang keturunan Pakistan yang justru hidup di Inggris namun akibat dari tragedi 11 September 2001 ikut merasakan "getahnya".

Mereka ditangkap,disiksa,diperbudak, serta dipaksa untuk mengaku. Kehidupan mereka dirampas selama beberapa bulan untuk hanya mengikuti apa yang diinginkan oleh pihak militer AS.

Selain kisahnya sendiri, hal yang lain yang berkesan bagi penulis adalah masa perjalan sekawanan dari Inggris ini. Hanya demi pulang kampung, mereka "berjibaku" dengan terik matahari dan jalanan berdebu. Berpindah dari satu angkutan ke angkutan lain. Diperparah dengan aksi "salah tangkap paksa" mereka diterbangkan ke Kuba, untuk kemudian disiksa dipaksa mengaku.

Mungkin yang dikisahkan dalam film ini hanyalah segelintir. Hanya bagian "permukaan" pengalaman saja. Belum mengulik kisah terdalam yang mungkin disensor atau terlalu perih diceritakan. Namun meskipun begitu film ini sudah cukup mampu mengundang sisi emosional ikut merasakan apa yang terjadi.

The Road to Guantanamo (2006) - 7/10