MacGyver versi modern


Kalau ada yang besar di jaman tahun 1990an mungkin kenal dengan serial MacGyver. Dan seperti yang dikutip dari wiki, film ini adalah parodinya.

Setelah menyimak, memang ada unsur yang diparodikan. Sebut saja gaya rambut dan tak pernah memakai senjata api dalam menaklukkan lawannya. Tapi kesan film ini justru "kebingungan" dengan parodinya sendiri. Di serialnya, kekuatan cerita terletak pada kejeniusan akal MacGyver menggunakan benda di sekitarnya. Disini justru "jatuh" dan tidak muncul sama sekali.

Di serial, MacGyver bekerja sama dengan Pete. Disini juga dimunculkan partner yang diperankan oleh Ryan Phillippe. Sayangnya, Ryan disini karakternya terlihat sangat "serius" dan koneksi akting mereka jadi absurd. Akhirnya, komedi yang mereka tampilkan kadang juga menjadi datar. Satu pemanis ditampilkan partner wanita.

Komedi. Dari sisi komedi parodinya, ada yang menarik tawa, tapi juga tidak sedikit yang jatuh "kasar vulgar", berlebihan, dan tidak mengundang lucu. Terlihat film ini cukup "bekerja keras" membuat komedi dengan dasar serial populer klasik yang mungkin belum semua penonton tahu siapa MacGyver.

*** Bila melihat gaya Will Forte disini sekilas mengingatkan gaya Sean William Scott yang konyol di American Pie. Kalau dari model rambutnya, sekilas mirip Owen Wilson. Alur ceritanya juga mengingatkan pada gaya Charlie Sheen di Hot Shots yang juga parodi film populer.

MacGruber (2010) - 5/10