Tiga cinta tiga bersaudara


Yang membuat paling penasaran adalah sejak duet Brad Pitt dan Morgan Freeman di Se7en. Kali ini nama Brad Pitt disandingkan dengan bintang besar Anthony Hopkins.

Tentang tiga bersaudara yang hidup bersama seorang ayah, William Ludlow, yang pernah berkarir di militer, . Alfred, Tristan, dan Samuel.

Ketika sudah memasuki jalan cerita, penulis mulai meraba apa kira-kira selanjutnya. Atau tema apa yang dipakai. Atau konflik apa yang ada di dalam karya Edward Zwick ini. Sejauh yang penulis rasakan film ini awalnya tentang kepahlawanan Tristan atau mungkin ala Troy. Salah.

Cerita beralih ke nuansa romansa kisah cinta dengan bumbu konflik tiga bersaudara berebut cinta seorang gadis kota. Tapi, masih salah. Karena kisah berlanjut dengan tema perang. Menarik tapi masih salah. Karena tema kembali ke konflik cinta.

Tema cintanya juga terlalu rumit. Berpindah-pindah. Lompatan masa cerita juga terlalu cepat. Tristan dari perang kembali pulang, bercinta, pergi, kembali, menikah, punya anak.

Ada satu titik jalan cerita menjadi menarik ketika adegan "salah tembak". Ekspektasi menjadi naik dengan harapan akan muncul cerita balas dendam. Namun, kembali datar-datar saja.

Keseluruhan drama film ini kurang kuat memberi kesan dalam. Kisah cintanya kurang terasa. Tambahan cerita perang juga kurang berasa. Atau mungkin hanya masalah selera. Bila dibandingkan dengan duet Pitt-Freeman masih lebih menarik daripada dengan Hopkins disini.

Legends Of The Fall (1994) - 6/10