Jam analog pada dunia digital



Penulis terkesan dengan kalimat dialog sinis Gabriel kepada John Mclane yang mengatakan bahwa John seperti ibarat jam analog pada dunia digital. Bagi penulis kalimat tersebut memiliki makna yang cerdas sekaligus dalam.

Di seri ke-empat ini, petualangan John memang mengikuti arus global. Kali ini musuh John adalah hacker. Bicara hacker pasti berhubungan dengan internet dan itulah simbol dari "digital". Sedangkan "analog" dimunculkan menggambarkan aksi John Mclane yang memang "klasik". Karena dari seri pertama hingga keempat ini tetap sama, menampilkan aksi laga.

Bruce Willis, entah mengapa penampilan Bruce kurang menarik ketika di Cop Out juga Set Up. Kurang pas. Kurang greget. Tapi begitu memegang karakter John, Bruce seolah menyatu dengan karakter John. Penampilan Bruce disini lebih kalem, tenang, dan dingin.

Penambahan karakter partner untuk John sudah dimulai dari seri ketiga. Disana ada Samuel L.Jackson yang sebagai Zeus. Disini memakai Justin Long sebagai hacker yang merupakan misi John untuk menjaga. Jika dibandingkan, sama bagus chemistrynya. Hanya lebih kuat sedikit di seri ketiga, karena partner John sama-sama dewasa. Sedangkan disini lebih terlihat sebagai ayah-anak. Lalu, ada lompatan cerita yaitu "tiba-tiba" John memiliki anak yang sudah dewasa, Lucy dan Jack. Disini hanya muncul Lucy, sedangkan Jack hanya muncul sebagai dialog.

Yang menarik dari Die Hard adalah grafik tema teroris dari seri pertama yang terus meningkat. Dari gedung Nakatomi yang dibuat hancur, lalu giliran airport, kemudian kota New York yang diporak-poranda, sekarang negara Amerika. Tidak hanya tema yang dibuat membesar tapi juga aksi laganya. Tapi ukuran laga disini kurang lebih masih sama dengan seri ketiga.

Kedalaman cerita. Disini sedikit lebih rumit daripada installment Die Hard sebelumnya. Lebih banyak variasi porsi karakter yang dimasukkan untuk melengkapi alur cerita.

Paling memorable bagi penulis di film ini adalah adegan helikopter di mulut terowongan dan aksi John di dalam truk di jalan tol yang dibuat hancur-hancuran.

Keseluruhan, lebih matang lebih berisi dan lebih modern.

Live Free or Die Hard (2017) - 7/10