Ketika rahasia Madison Elizabeth Frank ingin diungkapkan


Malam ini menyimak karya Robert Zemeckis. Kesan setelahnya menarik namun sayangnya ada sedikit yang mengganggu terutama di bagian ending. Kurang terasa balance dengan keseluruhan jalan cerita.

Berkisah tentang pasangan suami-istri yang tinggal di rumah peristirahatan indah sebelah danau. Dan masalah mulai timbul sejak mereka melihat pertengkaran tetangga.

Keunikan jalan cerita memang mampu menggiring persepsi. Awal terasa datar-datar saja. Pelan lalu bertransisi ke konflik. Selama menonton alur ceritanya justru fokus perhatian misteri ada pada "masalah tetangga". Nuansa horor muncul sedikit demi sedikit pada titik cerita yang pas. Akhirnya dari sisi horor mampu terasa dengan baik. Mulai dari sekedar pintu terbuka sendiri, adegan papan ouija, hingga goresan kalimat "you know"-lah.

Tepat pada pertengahan durasi utuh film, alur cerita mulai tergeser. Jalan cerita langsung berbelok pada misteri masa lalu. Pada area tema baru ini suasana horor jauh lebih menonjol. Horor masih terjaga dengan bagus dan ikut terasa mencekam sekaligus dengan terbukanya sedikit demi sedikit tabir masa lalu karakter Norman yang kemudian diberi twist manis.

Yang membuat film ini menarik lainnya tentu saja duet apik nama besar Harisson Ford dan Michelle Pfeiffer. Chemistry karakter mereka ikut membantu membentuk sebuah film dengan kedalaman cerita drama-intrik-horror yang menarik.

Ending, penulis merasa kurang menarik. Mungkin bila sekedar terbunuh karena kecelakaan lalu lintas, akan lebih realistis.

What Lies Beneath (2000) - 6/10