Ketika dunia terjangkit virus


Kesan pertama yang muncul adalah tema film ini menarik. Penyakit yang menyerupai batuk pilek biasa yang tiba-tiba saja menjadi epidemi virus ke seluruh benua. Tema semakin menarik ketika penyakit sehari-hari yang terlihat sepele bahkan sampai merenggut nyawa.

Ekspektasi awal film ini akan berjalan dengan misteri mencari sumber atau awal mulanya virus sakit dari mana. Dan memang alur ceritanya menjaga terus menyembunyikan misteri dari mana asal muasal virus berkembang atau siapa sebenarnya yang menjadi sumber penyakit.

Tapi, semakin ke dalam, topik bahasan terasa mulai berat. Mengingat penyebaran ke seluruh dunia, alur cerita dijaga untuk dibagi-bagi dan loncat meloncat. Banyak bintang film ternama disini yang artinya banyak karakter yang harus diketahui namanya. Perlu ekstra perhatian agar tak missing story.

Bahasan alur cerita yang digunakan tidak lagi seserhana dari siapa atau dari mana batuk-demam berasal tapi memakai bahasa ilmuwan kedokteran. Ada titik poin yang membuat mood menurun sedikit ketika harus menyinggung ranah cinta segitiga. lalu pemunculan konflik antara blogger dan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai virus penyakit yang membikin semakin membingungkan.

Pendapat penulis mungkin akan lebih menarik bila virus berasal dari air laut yang tercemar atau udara yang terkontaminasi kemudian menyebar ke seluruh dunia. Atau yang lebih gaul adalah virus internet yang disebarkan oleh hacker daripada memakai awal sebuah buldoser menebang pohon. Lebih menarik lagi bila tema virus terfokus tanpa banyak karakter. Tanpa campuran tema affair atau romantis remaja atau malah bermain di area konflik pemerintah yang terlalu birokratis.

Contagion (2011) - 6/10