Investigasi bawah kota Sidney


Tentang sekelompok kru berjumlah empat orang yang berencana membuat laporan jurnalistik tentang investigasi gorong-gorong di bawah kota Sidney.

Film ini seperti dengan formula standard. Bergaya dokumenter dan footage, film dengan durasi kurang lebih 90 menit terbagi menjadi dua babak besar. Pertama, intro. Penulis terkesan dengan opening-nya. Artistik penggambaran suasana keramaian kota berkesan eksklusif yang kemudian isi ceritanya sangat kontras dari kesan keramaian kota. Perkenalan masing-masing karakter. Bertema cerah. Konflik kecil antar karakter. Inti masalah.

Seputar inti masalah, penulis kurang begitu memahami betul. Selain terasa bertele-tele juga sedikit "tinggi" dengan birokrasi pemerintah. Secara garis besar tema versi penulis adalah adanya gesekan antara pemerintah dan jurnalis tentang keberadaan pembangunan gorong-gorong sumber air bawah tanah kota Sidney. Pihak pemerintah mengklaim bahwa tidak ada kehidupan di bawah tanah, sedangkan pihak jurnalis meyakini bahwa fungsi gorong-gorong selain sumber air juga tempat kehidupan bagi para homeless. Lalu mengapa pembangunan serta fungsinya terhenti yang akhirnya menjadi tema film investigasi ini.

Sampai di titik konflik pendapat tersebut penulis cukup tertarik. Namun grafik mood menjadi menurun dengan sesi interview dan karakter gelandangan Trevor. Terlalu kaku dan menuju inti cerita semakin panjang. Beruntung, next story dimulainya investigasi gorong-gorong kembali mengangkat mood.

Bagian kedua adalah titik balik konflik yang dipadu dengan nuansa horor. Keseluruhan tampilan horornya sebenarnya cukup menarik. Lokasi yang dipilih sudah menjadi nilai plus. Benar-benar tempat strategis membuat film horor dengan ketegangan. Namun sekali lagi, grafik mood menjadi datar lagi sejak kemunculan something disini. Juga sebagian besar dalam sesi horor ini kadang harus menyimak dengan tenaga ekstra karena faktor minim cahaya yang memang menjadi tuntutan cerita dasar. Menurut penulis, menjaga misteri tetap terjaga atau bahkan mengambang tanpa harus memunculkan apa-apa sudah menjadikan menarik tema cerita film ini.

The Tunnel (2011) - 6/10