Gertakan dari Alcatraz


Michael Bay sutradara, ada Nicholas Cage,Sean Connery, dan Ed Harris. Sebuah aksi penyanderaan wisatawan dilakukan oleh sekelompok militer di penjara Alcatraz.

Mungkin faktor masa, film Michael Bay ini terasa kurang halus. Banyak titik cerita yang seperti didramatisirkan. Di tengah laga yang super hancur-hancuran berusaha diselipkan dengan teror ancaman rudal nuklir yang bisa menghancurkan kota. Dan di sela-sela keadaan serius genting tersebut berusaha dihiasi oleh komedi-komedi kecil.

Penampilan kontras antara karakter Nicholas Cage sebagai agen spesialis biokimia FBI yang sama sekali tak terampil dalam urusan tempur harus berpasangan dengan mantan anggota intelijen Inggris sedikit berlebihan. Sean Connery harus berakting sangat tenang dalam keadaan kacau balau, sedangkan gaya junior tanpa ilmu tempur Nicholas disini berupaya keras memaksa komedi dengan keluguannya.

Dari aksi laga memang cukup menggiurkan namun akhirnya jatuh seperti memaksa harus super bombastis. Membuat seiisi kota porak poranda hanya demi mengejar seorang mantan napi Alcatraz yang ingin bertemu putrinya. Kereta listrik yang terangkat kemudian meledak menghancurkan ferrari jelas bukan laga murahan. Sayang, semakin kedalam, aksi ledakan demi ledakan fantastis menjadi titik jenuh.

Titik jenuh lainnya muncul pada karakter Frank Hummel yang mendadak ragu. Alhasil, perubahan image Frank Hummel ini membunuh jalan cerita film ini sendiri. Sangat kontras dengan angle penggambaran kemarahan Frank di sesi awal film. Dan perubahan image dilengkapi dengan dramatisasi perseteruan sesama teroris. Ending, sangat dibuat dramatis.



The Rock (1996) - 6/10