Don't be a fool, stay in school


Tak perlu mengurai serius alur cerita film ini. Konflik yang ada pun hanya sarana sebagai alat untuk menarik setidaknya tersenyum geli sedikit.

Kisah komedi tentang seorang mahasiswa abadi yang sangat diidolakan di kampusnya sendiri, Van Wilder.

Cerita. Ringan saja. Formula yang dipakai juga standard. Cerah lalu ke konflik kecil cinta-cintaan lalu ke ending. Pengiring cerita diisi lagu alternative rock ala Blink182.

Komedi. Hampir semua komedi yang dipakai adalah komedi kontras. Melawan hal yang lazim atau menertawakan hal-hal umum untuk bahan kelucuan. Kadang memang akhirnya jatuh menjadi komedi yang berlebihan.

Alur cerita. Cepat. Frame berganti frame scene dengan durasi pendek-pendek. Dan hampir setiap frame scene selalu dipaksa untuk diisi minimal satu komedi kontras di dalamnya.

Formula standard lainnya adalah para pemainnya muda-mudi yang berani beradegan dewasa. Lumayan untuk bila sekedar cuci mata.

**Mungkin pertama kali menonton lebih terasa namun setelah disimak lebih dalam berkali-kali mulai terasa bahwa komedinya adalah komedi ringan. Tema ringan. Konflik ringan. Visual cukup segar.***



Van Wilder (2000) - 6/10