Cinta ibarat mobil mewah, tanpa bensin takkan berjalan


Kesan yang tertangkap dari karakter Elizabeth Halsey ini seperti membawakan komedi satir pada realita. Menyindir. Cantik seksi adalah sesuatu yang harus "dijaga dan dilestarikan" agar memiliki nilai pikat. Perjuangan keras Elizabeth mengumpulkan uang dengan segala cara apapun demi sebuah operasi plastik dan tentunya untuk menggaet para lelaki kaya raya tanpa perlu cinta tulus abadi seperti dalam lagu romantis.

Film ini seperti menyindir realita yang ada di jaman sekarang melalui komedi. Seorang guru sedang memberi pelajaran betapa uang itu sangat penting untuk kebahagiaan. Guru memberi pelajaran mengejar kebahagiaan dengan cara mencuci mobil berbusana seksi, mencuri kunci jawaban soal tes, persaingan kotor demi lelaki kaya raya. Ironis.

Tidak terlalu banyak ditaburi adegan konyol. Juga tidak terlalu keras dalam sindiran. Pesan moralnya cinta tanpa harta? Jangan pernah bermimpi bercinta bila tak ada harta. Karena di jaman internet ini cinta tidak lagi buta tetapi bisa melihat isi kantong dompet. Karena buang air kecil pun kadang dipungut kotak uang. Karena cinta memerlukan kartu kredit untuk hidup. Karena cinta ibarat mobil tanpa bensin. Karena cinta yang indah ibarat mobil mewah BMW, cinta yang menyedihkan adalah sedan lawas.

Keseluruhan, film yang bertema cerah. Ringan. Kurang powerfull di bagian ending.

Bad Teacher (2011) - 6/10