Keep Moving On!!

Movielitas punya sudut pandang tersendiri dengan film ini. Unik.

Kalau dilihat dari posternya, film ini kemungkinan akan memberi suguhan berupa cerita medan perang. Namun, justru sebaliknya, bisa dikatakan film ini minimalis pemain dan konflik.

Hampir 90% cerita berporos pada sang aktor Armie Hammer yang berperan sebagai Mike sebagai anggota Marinir Amerika yang dikirim bertugas di padang gurun. Dan, hampir 90% juga konflik film berkisah di satu titik di padang gurun.

Dari segi visual, film ini sepertinya digarap tidak main-main, beberapa gaya visual efeknya cukup bagus.

Sisi unik film ini menurut Movielitas adalah pesan moral yang ingin disampaikan. Jubah luar film ini memang terasa cerita marinir Amerika yang harus bertahan di negara orang. Tapi, yang Movielitas tangkap, film ini justru menyampaikan pesan universal seputar kehidupan manusiawi.

Momen karakter Mike yang "terperangkap" di ladang ranjau, seperti menyimbolkan kebiasaan manusia ketika harus dihadapkan pada pilihan besar dalam hidupnya.

Ragu-ragu. Itulah hal yang disimbolkan dalam karakter Mike. Ragu-ragu untuk melangkah. Terperangkap dalam ketakutan yang ironisnya dibangun sendiri. Terjebak dalam halusinasi yang harusnya tidak perlu dihalusinasikan asal (dapat) terus melangkah.

Mengapa tercipta ragu-ragu? Seperti yang digambarkan disini, karena melihat dampak pada orang lain. Bila orang lain "jatuh" pada sebuah jalan, maka akan semakin "menakutkan" untuk langkah berikutnya.

Dampak berikutnya dari keragu-raguan adalah berdoa memohon pertolongan. Di film ini, digambarkan bahwa "pertolongan" sebenarnya sudah dihadirkan untuk karakter Mike yang "terjebak" menginjak ranjau. Tidak hanya sekali, berkali-kali "pertolongan" itu datang berusaha menyadarkan tembok ketakutan yang dibangun sendiri oleh Mike.

Kesimpulannya, sangat manusiawi sekali untuk takut atau ragu-ragu melangkah. Mungkin tidak ada salahnya mencoba "usulan" atau nasehat orang lain untuk meyakinkan kaki ini melangkah satu langkah.

Overall, Movielitas punya kesan tersendiri terhadap kisah dalam film ini. Menarik jika bisa disimak dari sudut pandang lain. Sangat menginspirasi.

Mine (2016) - 7/10