"Mata-mata" yang tersembunyi dengan jelas

Setelah lama 'berpuasa' dari kegiatan menonton dan menulis blog ini, dikarenakan oleh satu dan lain hal mendesak, sekarang mencoba lagi menghidupkan blog. Penuh usaha 'keras' tentunya.

Kali ini, ada sebuah hiburan tontonan drama misteri dari negara Perancis. Drama, karena menurut Movielitas, film garapan sutradara Michael Haneke ini berjalan dengan tempo yang sangat drama dengan konflik yang sangat kalem tanpa emosional berlebihan. Kalem, pelan dan lamban. Misteri, karena memang menyuguhkan misteri yang bahkan hingga detik akhir durasi, tak ada penyelesaian cerita.

Film ini berporos pada sebuah karakter pria yang berprofesi sebagai pembawa acara televisi, Georges Laurent. Tanpa sebab musabab yang jelas, cerita dimulai dengan sebuah rekaman kamera yang menyorot rumah Georges. Parahnya lagi, sang pengintai ini berulang kali mengirimkan hasil rekaman dengan coretan gambar ke kediaman Georges. Tentu saja, merasa diteror dengan cara "halus" diintai diam-diam ini membuat gerah keluarga Georges.

Ada yang unik menarik perhatian Movielitas dari film ini. Film ini menceritakan modus teror yang kalem dengan alat bukti sebuah rekaman dari kamera tersembunyi yang disajikan ke dalam video VHS. Sejauh Movielitas tahu era VHS ada pada jaman 80-90an. Tapi, jika melihat setting an jaman cerita yang dipakai, film ini memiliki setting jaman pasca 90an. Terbukti dari sederet poster yang muncul, seperti pesebakbola Perancis, Zinedine Zidane, yang saat itu masih aktif bermain bola. Juga ada poster Eminem.

**Yang jadi pertanyaan dari film ini, mengapa tidak menggunakan CD digital untuk meneror?**

Hal ganjil lainnya adalah mengapa terasa begitu sulit mencari kamera tersembunyi? Tinggal lihat sudut pengambilan gambar rekaman dimana, lalu cari kamera-nya. Yang ada malah berputar pada kisah pencarian tersangka dan dikaitkan dengan kisah masa lalu George yang bertele-tele jadinya. Entahlah...

Overall, Movielitas kurang begitu cocok dengan selera drama Perancis kali ini. Terlalu 'kalem' dengan konflik misteri nya. Tapi, mungkin saja film ini cocok untuk mereka yang menyukai drama seperti ini. Mengingat rating film ini di situs IMDB terbilang cukup bagus dengan poin 7. Kembali ke masing-masing selera.

Cahce (2005) - 6/10