GP-506

Nah, ini nih film Korea yang "penuh perjuangan" dalam melahap sampai habis. Film Korea ini termasuk salah satu dalam koleksi tonton film ala Movielitas yang cukup rumit.

Mengapa rumit? Karena karakter-nya terasa "banyak" sekali. Di bagian awal-awal bahkan sudah disebutkan bahwa ada 21 tentara penjaga yang secara misterius meninggal dunia. Nah looo....

Kedua, namanya susah untuk diinget apalagi karakter dan perannya. Juga faktor wajah yang mau tidak mau menjadi alat mengikuti jalan cerita.

Salah satu kesulitan lain adalah tidak ada atau terlalu samar batas antara kisah present dan kisah flashback-nya. Jalan cerita kadang ada di masa kini, lalu tiba-tiba flashback, lalu balik lagi ke masa kini, dst...

Karena faktor "kesulitan" di atas, akhirnya membuat Movielitas pun kesulitan mengurai jalan cerita. Inti cerita masih bisa didapat yaitu tentang peristiwa misterius yang menimpa satu peleton tentara dan terjadi di sebuah pos penjagaan di perbatasan Korea Utara-Selatan.

Rasa horor yang harusnya bisa maksimal, juga kurang menarik. Khususnya karena lebih tepatnya bukan horor tentang dunia gaib, melainkan horor seputar penyakit dan ala zombie-zombie.

Overall, secara umum Movielitas menyukai gaya sinema Korea yang selalu kuat pada cerita. Genre horor, komedi, atau romantis biasanya menjadi pelengkap yang menguatkan isi cerita keseluruhan. Akan tetapi, untuk film ini sendiri, kurang begitu bisa menjadi tontonan menarik untuk Movielitas. Selain faktor susah mengenali karakter dan nama peran, juga alur cerita yang tidak ada pembatas waktu. Tapi, masih menurut Movielitas, bagi para pecinta sinema Korea, film ini masih layak disimak drama misteri-nya.

The Guard Post (2008) - 6/10