Melacak misteri jejak lama yang hilang di Black Hill Forest Burkittsville Maryland

Melihat judulnya tentu saja akan teringat pada satu judul film lawas yang diproduksi tahun 90an akhir yaitu The Blair Witch Project. Dimana The Blair Witch Project tersebut berkisah tentang 3 sekawan yang berpetualang membuat dokumentasi di sebuah hutan rimba yang terletak di daerah Burkittsville, Maryland, Amerika. Petualangan mereka berakhir dengan sebuah misteri tanpa ada satupun yang kembali dengan selamat keluar dari hutan.

Berselang lama kemudian, saudara dari salah satu karakter dalam kisah The Blair Witch Project, Heather Donahue yaitu James Donahue berencana untuk mencari jejak adiknya Heather ditemani oleh 3 rekannya.

**Sebenarnya sebelum versi ini ada satu karya sebagai Blair Witch seri kedua, dan versi modern ini sebagai Blair Witch seri ketiga. Namun, karena Movielitas belum mendapatkan seri kedua, dan langsung mendapatkan seri ketiga ini, jadi tidak bisa berkomentar banyak dan membandingkan ketiganya.

Kesan pertama yang muncul dari awal-awal cerita adalah perbedaan teknologi. Tentu saja, bagaimana pun juga film ini seperti tidak mampu menampik perbedaan jaman. Seperti misalnya penggunaan walkie-talkie, bluetooth earphone, bahkan sampai dengan teknologi kamera drone untuk membantu pencarian sebuah rumah yang menjadi spot terakhir dalam footage di The Blair Witch Project.

Semakin ke dalam, irama cerita maupun gaya horor semakin berbeda dengan Blair Witch versi perdana. Jika di seri perdana, The Blair Witch Project terasa lebih mengedepankan tema horor tersesat di hutan, tanpa tambahan karakter seram ataupun adegan yang membuat kaget penonton.

Meskipun memakai gaya sinematografi yang hampir mirip yaitu dominan dengan hand camera yang kerap kali bergoyang-goyang (gaya umum film ber-tema footage), di Blair Witch versi ini, horor yang digunakan bisa dikatakan tidak se-realistis seri perdana-nya. Menurut Movielitas di versi ini mengangkat tema horor hutan yang juga dihuni oleh "makhluk" selain manusia biasa dan gaya horor yang digunakan juga terasa ada campur tangan dari teknologi seperti tenda camping yang tiba-tiba bisa terangkat sendiri.

Overall, upaya keras film ini menyaingi dan mengembalikan atmosfir The Blair Witch Project era 90an, bagi Movielitas kurang begitu sukses. Bahkan jauh dari mirip. Dan, bagi Movielitas, versi original The Blair Witch Project meskipun tanpa dukungan teknologi canggih, kurang horor, dan hanya di-isi dengan karakter minimalis, jauh lebih terasa natural ceritanya ketimbang versi ini.

Blair Witch (2016) - 5/10