Unboxing Turtle Can Fly Movie

Sebuah film dari negara Turki yang berkisah tentang masyarakat kecil (Kurdish) yang hidup di perbatasan Iraq dan Turki dalam kecamuk perang Iraq.

Menurut data, film ini mendapat respon positif dari dunia kritikus film. Hanya kembali ke selera, film ini termasuk film berat untuk Movielitas.

Ada tiga karakter yang diberi porsi cerita cukup besar di sini. Ketiganya memiliki background cerita masing-masing dan dijalankan bersama-sama. Uniknya, ketiga karakter ini masih berusia belia atau remaja kecil.

Satellite (begitu sebutannya) merupakan seorang remaja yang dianggap memiliki kemampuan teknologi dan sedikit bahasa Inggris serta pandai mengorganisasi remaja seusianya dalam menjalankan "bisnis" tambang ranjau.

Satelitte jatuh hati pada Agrin yang sepanjang film tampak murung diakibatkan masa lalunya yang "kelam". Meski berusia sangat muda, Agrin sudah memiliki seorang anak yang tak diinginkan.

Bersama Agrin merawat anak ada karakter Hegrov yang cacat fisik namun (dipercaya) memiliki kemampuan sebagai fortune teller.

Ketiga karakter ini berjalan beriringan dan bergantian dalam konflik masing-masing. Dan, Movielitas kurang bisa menikmati inti ceritanya. Apakah tentang kisah peperangan atau kisah Satelitte yang jatuh hati pada Agrin, entah. Yang Movielitas kurang bisa memahami pasti.

Yang menarik bagi Movielitas adalah kehadiran para pemain yang didominasi oleh anak-anak remaja belia. Bahkan beberapa memiliki kekurangan dalam hal fisik namun bisa menampilkan kisah drama seperti ini sudah sangat bagus dan patut diapresiasi.

Keseluruhan, sebuah drama kehidupan masyarakat yang terkena imbas dari kecamuk perang. Cocok bagi para pecinta film drama.

Turtle Can Fly (2004) - 6/10