Membuka gerbang skandal Watergate

Coba dijabarkan satu per satu. Richard Nixon, yang pasti Movielitas belum lahir saat jaman presiden Amerika ini, tapi namanya sekali dua kali pernah Movielitas dengar. Dan, memang film ini membahas tidak jauh seputar presiden Amerika yang ternyata kontroversial.

Prediksi awal, Movielitas mengira film ini akan membahas topik politik negara adidaya tersebut yang notabene jelas tidak paham sama sekali. Ada benarnya tapi ada salahnya juga tentang prediksi awal.

Film ini sebenarnya memiliki ruang bahasan yang sempit saja, tidak lebar dalam bahasan politik. Tapi tetap saja, yang dibahas dengan ukuran pengetahuan Movielitas yang dangkal soal politik, akan terasa berat juga akhirnya.

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini membahas seputar "tragedi" politik yang menjadi sejarah penting dalam politik Amerika. Richard Nixon adalah presiden yang tercatat pernah mengundurkan diri sebagai presiden dalam masa jabatannya akibat sebuah kasus yang terkenal dengan sebutan Watergate. Watergate sendiri mengacu pada kata "gate" yang diartikan dengan konotasi negatif sebagai skandal. Skandal apa yang dimaksud, Movielitas angkat tangan.

Siapakah Frost disini? Dan apa kaitannya? David Frost adalah seorang presenter televisi atau pembawa acara atau host acara. Yang membuat penting dari sosok David Frost ini adalah langkahnya yang berani mengundang Richard Nixon ke sebuah acara talkshow yang terbagi dalam beberapa episode tayang. Dan, konon "talkshow-interview" acara yang kontroversial ini, bisa disaksikan rekaman asli-nya di Youtube.

Konflik utama film ini adalah dua kisah yang dialami antara seorang pembawa acara yang kredibilitas-nya sebagai host kelas hiburan dan seorang kepala negara yang tersandung kasus. Mulai dari persiapan acara yang cukup berbelit, di balik layar / syuting acara talkshow, dan sesudah-nya.

Yang paling menarik untuk Movielitas dari film ini adalah saat-saat syuting acara talkshow itu direkam. Atmosfir-nya terasa menegangkan karena ada misi "memaksa" sang presiden untuk buka-bukaan soal Watergate yang saat itu sedang hangat menjadi sorotan dunia.

Lainnya yang mencuri perhatian adalah penampilan apik Frank Langella sebagai Nixon dan penampilan dingin Kevin Bacon sebagai Jack Brennan orang kepercayaan Nixon saat itu.

Keseluruhan, film ini cocok untuk yang pernah tahu tentang skandal Watergate atau yang gemar dengan tema drama sejarah politik. Kalau bagi Movielitas sendiri, faktor utama memilih film ini adalah based on true events, genre favorit.

Frost / Nixon (2008) - 6/10