Melakukan hal benar dengan cara yang keliru

Sudah agak lupa, berapa kali menonton film dari India. Tidak banyak, hanya beberapa. Dan, kali ini kembali mendapatkan kesempatan menikmati sajian cerita dari negara India.

Hal yang menarik pertama kali adalah film ini termasuk kategori based on true event. Berdasarkan kejadian nyata.

Berkisah tentang tragedi penembakan yang dilakukan oleh petinggi Angkatan Laut India. Sekilas dari "luar", kasus penembakan yang dilakukan oleh Commander Rustom ini berbau masalah kecemburuan dalam rumah tangga. Namun, dampak kasus penembakan oleh Rustom ini meluas ke korps Angkatan Laut serta petinggi pemerintahan.

Kesan pertama, bagus. Durasi dan musikal-nya memang khas gaya India. Visualnya yang "cerah" bling-bling, instagramable, membuat enak dipandang. Menyegarkan mata lewat "pemandangan" aktris-aktrisnya yang wowww.....

Konfliknya pun tidak dangkal, tapi berlapis-lapis dan ditata dengan gaya misteri, membuat film ini tidak kalah dengan gaya film drama kriminal mainstream ala Hollywood.

Ada satu hal yang bisa Movielitas simpulkan dari film ini, yaitu motif penembakan yang bisa digambarkan dengan kalimat "Rustom did a right thing, in a wrong way". Apa yang dilakukan Rustom memang salah secara hukum, namun jika dipandang dari sudut berbeda, penembakan yang dilakukan Rustom termasuk membela negara sebagai korps marinir.

Keseluruhan, salah satu film India yang Movielitas pernah simak dengan kualitas visual dan kedalaman cerita yang menarik.

Rustom (2016) - 7/10