Keajaiban dari sudut dalam yang gelap di Gurun Atacama




Bagian paling menarik dari film ini adalah diangkat dari kisah nyata tragedi yang menimpa 33 penambang emas di padang gurun Atacama,Chile. Bukan sehari dua hari mereka terperangkap ratusan meter di bawah tanah, melainkan dalam hitungan bulan terperangkap batu gunung yang beratnya diperkirakan mencapai dua kali gedung Empire State.


Tentu saja apa yang disajikan disini adalah sisi dramatis. Dan, pastinya pada momen sebenarnya jauh lebih "menyeramkan" terperangkap jauh di dalam sana tanpa ada kepastian bisa terselamatkan.

Tragedi ini juga akhirnya tidak hanya menjadi berita nasional di Chile tapi juga menyedot perhatian internasional. Beberapa negara mengirimkan peralatan terbaik untuk menembus perut bumi dengan segala resiko dan kesulitan.

Film ini lebih besar menyorot sisi drama perjuangan hidup para penambang yang terjebak di dalam batuan gunung. Dari kisah mereka pastinya mengandung pesan moral dan inspirasi untuk semua.

Tragedi tersebut paling tidak mengajarkan bahwa segelap dan sedalam apapun atau se-buntu apapun masalah yang membuat terpuruk tanpa jalan keluar, sejatinya keajaiban itu ada dan akan terus membuka "pintu". Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha dalam keterpurukan apapun. Yang terbaik dapat dilakukan adalah ikhlas, sabar, dan yakin.

The 33 (2015) - 7/10