3 Musuh dalam babak ketiga

Kisah superhero Spiderman tentu sudah banyak tahu. Yang menjadi tantangan mengangkat kisah komik superhero ke layar film mungkin dari sisi konflik apa yang akan dihadirkan. Dan, menurut penulis, sutradara Sam Raimi dan tim kerjanya mampu mengolah seri ketiga Spiderman ini dengan sangat baik.




Spiderman memukul musuh-musuhnya tentu menjadi hal yang biasa. Tapi disini diolah dengan kedalaman konflik yang cukup bagus. Tidak hanya menampilkan satu konflik lurus yaitu Spiderman melawan musuh, tapi beberapa konflik dicampur menjadi satu kesatuan cerita utuh dan berkaitan dengan baik.


Setidaknya, ada 4 konflik yang dialami sekaligus oleh tokoh utama Peter Parker. Konflik pertama Peter dimulai dengan karakter New Goblin yang dibawakan oleh James Franco. Konflik kedua Peter adalah dendam keluarga dengan tokoh Sand-Man. Konflik ketiga adalah seputar karakter sel Venom yang mampu merubah sifat manusia menjadi jahat. Konflik keempat adalah hubungan asmara Peter dengan Mary Jane. Menariknya, keempat konflik itu mampu dirangkai dengan alur yang menyambung.

Di sisi lain, film Spiderman ketiga ini juga merupakan tantangan aktor Tobey McGuiere untuk berakting ganda sebagai Spiderman. Hasilnya lumayan. Tobey mampu berakting sebagai Spiderman merah-biru dan Spiderman Hitam dengan baik.

Di luar sisi kualitas cerita dan drama, film ini juga menghadirkan visual efek yang digarap sempurna. Bagian yang paling menarik untuk penulis adalah bagian Sand-Man. Keren.

Keseluruhan, bagus. Film ini mampu menghadirkan kualitas cerita superhero di luar standard. Tidak hanya bermain pada sisi superhero melawan penjahat tapi juga memberi drama yang sama bobot-nya baik untuk sang superhero dan musuh-musuhnya.

Spiderman 3 (2007) - 7/10