Tumbuh bersama dalam karya

Baru saja menyaksikan video anak negeri yang luar biasa. Bagus dan keren (istilah anak gaol). Judulnya Youtube Rewind Indonesia 2016 bertemakan unity in diversity (persatuan dalam perbedaan). Diberi judul "diversity" karena memang isi videonya adalah kolaborasi. Ada kolaborasi massal youtubers yang ditampilkan di video ini mulai dari daily vlogger, oto-vlog, beauty vlogger, hingga para gamers yang nama-namanya sudah cukup berpengaruh di dunia youtube, khususnya lokal, pada tahun 2016.

Disamping menampilkan kolaborasi dari ratusan youtubers , video yang diprakarsai sekaligus disutradarai oleh juga youtuber ini juga menampilkan sederet konten yang sempat menjadi trending di tahun 2016 seperti Samyang Challenge, Flip Bottle Challenge, Pokemon hingga Mannequin Challenge (dimana video challenge sendiri umumnya juga merupakan kolaborasi antar youtubers).

Sebagai pemanis, muncul backsong lagu Alan Walker - Faded, Chainsmoker - Closer, PPAP hingga intro lagu milik Rich Chigga yang juga populer di tahun 2016.

Dampak dari kolaborasi ini sebenarnya saling menguntungkan bagi semua pihak. Pihak Youtube sebagai pemilik wadah tentunya kebanjiran traffic hanya dari satu konten kolaborasi. Bagi para youtubers selain menarik pamor juga meningkatkan like,comment, dan subscribers. Bagi pihak pemirsa, terhibur sekaligus terinspirasi.

Jika dilihat dari jumlah viewer video tersebut (menembus tujuh juta kali tayang), bisa dibayangkan bahwa pengguna internet saat ini sudah banyak. Menyaksikan sebuah hiburan tak lagi sekedar lewat layar kaca televisi. Hal ini mau tidak mau juga telah menjadi peluang marketing bagi produsen dari sebuah produk.

Semakin kreatif dan semakin disukai sebuah sebuah karya digital (komunitas, youtubers, ataupun tulisan blog) akan membuka peluang kerjasama tidak hanya sebatas dengan sesama kreator konten tapi juga dengan pemilik sebuah produk (produsen) menciptakan sebuah karya kreatif yang positif dan produktif bagi semua pihak. Happy be creative....

2 comments:

  1. Dengan berkolaborasi membawa power yang lebih kuat dan terintegrasi. Dr Satu youtuber yang sdh memiliki sekian fans dan kemudian digabung dalam karya kolaborasi, bisa diprediksi akan menarik traffic yang berkelimpahan.

    ReplyDelete
  2. Iya betul juga. Semakin terbantu dengan kolaborasi komunitas yang menghasilkan sesuatu bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete