Antara hati dan lokasi

Ada istilah baru dengar yaitu coworking space. Setelah utak-atik browsing menemukan beberapa artikel yang lumayan memberi pengetahuan baru tentang coworking space.

Adalah ruang kerja bersama, begitulah artinya secara sederhana. Dari beberapa yang penulis baca, secara umum memiliki tema hampir sama yaitu bernuansa cafe dengan fasilitas seperti layaknya kantor. Dan, berita bagusnya adalah hal ini sudah menjamur di luar negeri. Untuk lokal, di beberapa kota sudah mulai mengekor. Termasuk di kota ini, lokasi salah satunya ada di Plaza Telkom.

Coworking space dapat menjadi solusi bagi individu yang ingin bersosialisasi lebih luas, mencari teman atau jodoh baru, karena tempat jenis coworking space ini menawarkan bentuk sosialisasi di luar sosial media. Bisa juga menjadi solusi keterbatasan "ruang kerja", contohnya lembur deadline, mati lampu di rumah atau koneksi lemot saat di warnet, maka peran coworking space, dengan berbagai menu hidangan menarik ini, bisa digunakan sebagai alternatif.

source : pinterest.com
Baik individu ataupun korporasi yang ingin atau sudah menggunakan jasa coworking space ini tentunya ada perhitungan (telah memperhitungkan) dari sisi biaya. Dimana sisi biaya tersebut telah atau dipastikan akan berputar secara positif (bukan kebalikannya). Sepertinya akan terasa "berat", baik itu untuk individu ataupun perusahaan atau bisnis startup, apabila mengeluarkan biaya untuk "bekerja" tapi tidak menghasilkan... (Kecuali bila faktor utama adalah mencari ruang sosialisasi baru, ruang penyegaran, demi status sosial, ataupun pertimbangan lain seperti penghematan biaya dibandingkan mendirikan, menyewa, membeli ruko atau gedung kantor)

Kesimpulannya, coworking space dapat digunakan untuk bersosialisasi dalam sektor bisnis atau ruang kerja alternatif dari rutinitas dan atau sistem kerja konvensional. Berkumpul di satu ruang untuk produktif bersama-sama. Bagi penulis pribadi, biasanya produktifitas tidak ditentukan oleh suasana lokasi tapi suasana hati.



Have a nice day...

3 comments:

  1. Asyik ya kalau bisa kerja di co-working space.

    ReplyDelete
  2. Makin penasaran pengen nyobain juga tuh coworking space.
    Sepertinya, kalau komunitas blogger bikin acara di sebah co-working itu sangat bisa

    ReplyDelete
  3. Aku malah keduanya, produktifitas ditentukan suasana lokasi dan suasana hati *eeh

    ReplyDelete