Kreatifitas di ladang digital

Ada 2 orang yang berusia dewasa sedang mencari pekerjaan. Bersaing dengan para fresh graduate, mereka nekat mengikuti interview video call dengan bagian HRD sebuah perusahaan dengan lokasi markas warna-warni khas Google. - The Internship

Di tempat lain ada seorang pemuda yang bertengkar dengan kekasihnya lalu pulang menuju kamar asramanya. Sedangkan teman-teman sebayanya sedang berpesta menikmati masa muda. Jendela kamar menjadi aneka coretan rumus coding dasar dari sebuah website Facebook. - The Social Network
 
source : image google.com
Itu adalah 2 film yang menceritakan bagaimana bisnis startup online berubah menjadi raksasa dalam dunia internet. Dulu mungkin tidak terasa manfaatnya, tapi kini menjadi fitur penting dalam kehidupan digital.

Versi lokal sepertinya tidak mau kalah kreatif dengan versi interlokal. Bisnis startup semakin dikembangkan bukan saja mempermudahkan segala sesuatu tapi juga membuka peluang wirausaha bagi siapapun.

Bukalapak, tokopedia, blibli, atau mataharimall yang mengangkat konsep mall online, tidak hanya mempermudah belanja darimana pun, tapi juga dikembangkan dengan kesempatan bagi seller untuk menjual produk unggulan "dari dan ke" manapun.

Apakah harus memiliki produk untuk bisa berbisnis di dunia digital? Salah satunya adalah tees.co.id yang merupakan sebuah wadah bagi siapapun yang memiliki passion ataupun skill dalam bidang desain grafis untuk "menjual" kreatifitas desain.

Tidak ada produk, kurang pede dengan skill yang dimiliki, tapi punya smartphone canggih? Bisa juga memiliki kesempatan berbisnis online yang sebenarnya hanya bermodalkan ponsel level biasa, yaitu bisnis pulsa. Seperti tag di aminpulsa.com bisnis pulsa mudah-murah-meriah. Tidak perlu bingung berpanas-panasan atau kehujanan mencari pulsa. Bisa digunakan isi pulsa sendiri dengan harga miring.

Jika ditarik benang kuning, mulai dari Google hingga aminpulsa.com prinsipnya adalah memikirkan orang lain atau baper. Menangkap dan menjembatani kebutuhan orang lain. Dan, internet sebagai ladang luas yang siap digunakan untuk informasi sekaligus belajar wirausaha.

Jadi, bila salah satu dari kita sudah "menangkap" kebutuhan orang lain dan punya ide bisnis untuk memudahkannya, jangan ragu untuk segera ber-kreatif mewujudkan baik offline ataupun online. Seperti pesan seorang bijak, bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan bukan dipikirkan. good luck...

10 comments:

  1. Memang Dunia Digital saat ini menjanjikan bagi orang-orang yang banyak ide bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bu, semakin memancing kreatifitas para penggunanya.
      Thx for comment :-)

      Delete
  2. Judu filmnya apa mas? Aku penasaran. Iya tuh di tees desainya banyak pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul filmnya The Internship yang "pamer" kenyamanan kantor dan suasana kantor kerja Google. Untuk The Social Network, cerita tentang cikal bakal Facebook.
      Thx for comment bu :-)

      Delete
  3. Sampai sekarang saya cuma pada tingkat "dipikirkan" mau "dijalankan" tapi balik lagi, masih banyak yang harus dipikirkan juga.. #mbulet 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipikirkan sebenarnya kurang lebih sama dengan meminimalkan resiko. Semoga ke depan bisa terwujudkan. Make a change in life.
      Thx for comment bu :-)

      Delete
  4. "menangkap kebutuhan orang lain", berarti ketika orang lain susah, itu adalah peluang :D

    ReplyDelete
  5. ya, bisa jadi seperti itu :-)
    Thx for comment

    ReplyDelete
  6. ngomongin bisnis pulsa, seprtinya ini peluang yang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja krn modal utamanya "hanya" punya HP yg bisa sms sudah bisa startup bisnisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bu, cuma modal handphone saja. cocok buat side job IRT atau mahasiswa.
      Thx for comment :-)

      Delete