Inspirasi yang tidak terpatahkan


Yang mengejutkan atau unsur surprise dari film ini adalah sang sutradaranya. Yaitu Angelina Jolie.

Dari segi alur cerita dan konflik, masih biasa saja. Meskipun memakai based on true story, rasanya masih kurang mantap sisi emosionalnya.

Harapan penulis ketika mengikuti alur kisah film ini adalah ada twist manis seperti atau kurang lebih menyamai The Railway Man. Tapi, tidak ada.

Meskipun demikian, pesan moral film ini dapat menjadi inspirasi tersendiri tentang bertahan dalam penderitaan panjang. Melalui karakter Louie Zamperini kita akan memperoleh beberapa kisah inspirasi seorang atlet Olimpiade yang kemudian terjun ke medan perang sebagai prajurit Amerika.

"Jika kamu bisa menerimanya, maka kamu bisa melaluinya." Ini adalah pesan kecil dari Pete, kakak Louie, sebagai pintu awal karir Louie Zamperini di dunia lomba lari. Berangkat dari pesan kakaknya pula, Louie akhirnya menjadi atlet Olimpiade untuk tim Amerika di cabang atletik.

Memasuki jaman perang dunia, Louie ikut dalam medan perang sebagai prajurit. Mengalami siksaan berat selama tertangkap tentara Jepang. Energi bertahan yang sangat sabar dimiliki oleh Zamperini ini bisa dikatakan di atas rata-rata.

Pesan moral lainnya, selain inspirasi bertahan dalam penderitaan, adalah kemenangan sejati bukan memukul atau membunuh musuh melainkan memaafkan.

Unbroken (2014) - 6/10