Forgive but lose yourself

Salah satu film yang menjadi favorit penulis adalah 8 Mile. Dari film itu, mulailah mengenal karya seniman musik genre rap yang kontroversial khususnya dengan lagu-lagunya. Dibalik konroversial-nya berdiri juga sederet pengakuan dan penghargaan atas kejeniusannya dalam menciptakan karya yang menjadi ciri khas-nya.

Ada 2 poin dasar yang bisa penulis tangkap dari film yang konon diangkat dari kisah nyata sebelum "B-Rabbit" menjadi dikenal dunia seperti saat ini tentang bagaimana membangun sebuah personal branding dengan gaya dan caranya sendiri.


Poin antiklimaks tentang personal branding tersebut ada pada bagian rap battle dimana B-Rabbit memberondong kata-kata pengakuan tentang kemiskinan dan ke"kalah"annya di depan lawannya. Karena tidak akan ada pilihan di dunia ini terlahir menjadi siapa atau dimana. Berani memaafkan diri sendiri atas segala kelemahan,kekurangan, dan menerima diri sendiri apa adanya tanpa meniru gaya atau jalan orang lain.

Lagu Lose Yourself akhirnya menutup film dengan liriknya yang dalam. Lagu ini mewakili pencapaian seseorang yang dimulai dari "kekalahan". Sulit rasanya lewati proses membangun personal branding tanpa mengalahkan ego atau emosi sendiri. 

Kesimpulan, bekal sebelum memulai membangun sebuah personal branding adalah dimulai dari dalam dengan memaafkan dan mengalahkan diri sendiri. Semoga bermanfaat...

5 comments:

  1. Replies
    1. idem Mbak, aku malah baru tahu judul film ini. 8 mile, sepertinya menarik neh

      Delete
  2. Saya penasaran dg lagu Lose Yourselfnya

    ReplyDelete
  3. Wow, membangun personal branding tetapi di sisi lain harus memaafkan dan mengalahkan diri sendiri? Susah dicerna euy... Sepertinya memang harus nonton film-nya biar tahu maksudnya..

    ReplyDelete
  4. Waaah filmnya keren. Jadi pengen nonton sendiri. Bener banget itu, karena tidak ada pilihan di dunia ini terlahir sebagai siapa dan di mana. Baiklah, aku akan mulai memaafkan dan mengalahkan diri sendiri.

    ReplyDelete