Say no to good luck


Pada kesempatan kali ini, penulis mendapatkan film dengan citarasa Asia. Bukan Jepang juga bukan pula Korea, tapi Filipina. Dan, bergenre horor.

Salah satu bintang utamanya adalah Kris Aquino. Jika dilihat dari nama belakangnya, pasti akan terasa akrab. Ya, Kris Aquino ini, setelah penulis melakukan investigasi di wiki, masih mempunyai hubungan darah dengan petinggi negara Filipina. Bisa dibilang juga seorang politikus. Maka, tak heran bila film ini termasuk jajaran box office....di Filipina.

Terlepas dari kaitan Aquino, film ini sebenarnya lumayan. Nuansa horor yang ditampilkan cukup bagus. Suasana dan iklim background cerita, mirip lokal tentunya.

Dari segi akting, beberapa scene memang ada yang kaku. Dari segi horor, memang yang menjadi andalan adalah make-up. Tapi masih lumayan bisa membuat merinding untuk pertama kali menontonnya. Penataan sesi horornya pun tidak asal horor yang memenuhi durasi. Ada pengaturan jeda antara misteri, drama, dan horor.

Gaya olahan kamera dan ceritanya, boleh dikatakan bagus. Tidak kaku.

Yang paling menonjol di film Filipina ini adalah konflik cerita. Lumayan. Tidak kaku juga tidak datar. Banyak belokan cerita yang berimbang dan saling mendukung menjadi satu kesatuan. Lumayan cerdas misterinya.

Dan, yang terpenting adalah film dari daratan Asia ini tidak terjebak dengan kualitas citarasa horor seksi ala lokal sini. Film ini masih mengandalkan make-up seram dan alur cerita misteri tanpa harus berusaha keras menampilkan keseksian para aktrisnya.

Feng Shui (2004) - 6/10