Menilai Alan Turing


Enaknya menonton film berdasarkan kisah nyata salah satunya adalah menambah wawasan. Mengapa sebuah kisah nyata diangkat ke layar film, menurut penulis, umumnya memiliki nilai lebih. Bukan sekedar nilai jual. Tapi ada makna inspirasi atau harapannya ada pembelajaran buat yang menonton. Seperti kisah cerita dari film berlatar belakang Inggris ini.

Film ini fokus pada Alan Turing. Penemu Mesin Turing. Siapakah Alan Turing? Jujur saja, awalnya penulis buta tentang sejarah Alan Turing.

Alan Turing adalah seorang matematikawan. Yang kemudian direkrut oleh pemerintah Inggris untuk membantu tentara Inggris melawan Nazi dari belakang meja. Keahlian yang dipakai oleh pemerintah Inggris dari seorang Alan Turing ini adalah kemampuan Alan untuk memecah kode-kode sandi rahasia milik Nazi. Terutama tentang rahasia penempatan posisi dan rencana serangan Nazi.

Bagian paling menarik dari film ini adalah momen "perang" kode antara Enigma dan Cristopher. Disini tekanan ceritanya terasa apik. Di sisi lain, ada makna inspirasi.

Dimana setiap orang sukses pasti akan menghadapi situasi yang dialami oleh Alan Turing. Alan Turing "memprotes" kinerja intelijen Inggris yang tradisional. Visi Alan ternyata sudah jauh ke depan dan berencana melawan mesin Enigma dengan mesin, bukan manual. Tak disangkal, menuai cibiran.

Ketika dalam perjalanan merampungkan mimpi besar, pasti akan menemui titik penghalang. Titik beku. Titik dimana semua jalan terasa buntu. Dan, kunci satu-satunya adalah bersabar dan terus membuka pikiran untuk menerima jawaban tak terduga dari sekitar.

Bagian lain di luar proses penciptaan mesin Christopher, terasa biasa saja. Tapi tetap ada pesan moral dalam film ini.

Terlepas dari homoseksual yang melekat pada diri Alan Turing, tetap saja semesta memberikan nilai lebih kepada setiap manusia. Meski dicap sebagai "penjahat" karena status homoseksual-nya, tapi pemerintah Inggris setelah puluhan tahun lamanya akhirnya mengakui jasa prestasi kelas dunia yang dicetak oleh Alan Turing.

Karena oleh manusia di jaman sekarang, ciptaan Alan Turing disebut komputer....

The Imitation Game (2014) - 6/10